Hubungan Responsiveness Tenaga Kesehatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Ruang Rawat Inap di RSD Balung Kabupaten Jember

Setiawan, Yudo (2017) Hubungan Responsiveness Tenaga Kesehatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Ruang Rawat Inap di RSD Balung Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (292kB)
[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)

Abstract

Responsiveness tenaga kesehatan adalah suatu kemauan untuk membantu dan memberikan pelayanan kesehatan yang cepat dan tepat kepada pasien yang datang, karena kecepatan dan ketepatan pelayanan akan mempengaruhi kepuasan pasien. Pelayanan yang responsive harus dapat menyasar pada seluruh pasien termasuk pasien rawat inap. Desain penelitian ini adalah korelasional dengan pendekatan cross sectional yang bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan responsiveness tenaga kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap. Populasi penelitian ini adalah pasien di Ruang Rawat Inap RSD Balung Jember sebanyak 279 responden dengan sampel 74 responden yang diambil secara Purposive Sampling. Hasil penelitian variabel responsiveness tenaga kesehatan dalam kategori tanggap sebanyak 17 responden (23,0%), cukup tanggap 47 responden (63,5%), dan kurang tanggap 10 responden (13,5%). Responden yang menyatakan sangat puas terhadap pelayanan kesehatan sebayak 20 responden (27,0%), puas sebanyak 42 responden (56,8%), dan kurang puas 12 responden (16,2%). Hasil uji statistik Spearman rho dengan (α = 0,05) didapatkan p value = 0,000; r = 0,762 yang artinya Responsiveness tenaga kesehatan berhubungan dalam kategori kuat dengan tingkat kepuasan pasien. Kecepatan dan ketanggapan waktu pelayanan tenaga kesehatan masih menjadi keluhan pasien. Direkomendasikan untuk lebih meningkatkan kecepatan waktu pelayanan rumah sakit agar pasien merasa lebih puas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Responsiveness, Tenaga Kesehatan, Tingkat Kepuasan..
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1)
Department: ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI14201#ILMUKEPERAWATAN" not defined]
Depositing User: Rudi Setiawan
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDAsmuji, Asmujinidn197206152005011004
UNSPECIFIEDKomarudin, Komarudinnidn9305384
Date Deposited: 03 Jan 2019 00:55
Last Modified: 16 Sep 2019 10:00
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1080

Actions (login required)

View Item View Item