Prototype Alat Pendeteksi Dini Gangguan Fuse Cut Out (FCO) Di Sistem Kelistrikan PLN Menggunakan PZEM-004T, Sensor Suara, Dan GPS Berbasis Arduino Mega Dengan IOT

Zamroni, Fachrur Rizal (2021) Prototype Alat Pendeteksi Dini Gangguan Fuse Cut Out (FCO) Di Sistem Kelistrikan PLN Menggunakan PZEM-004T, Sensor Suara, Dan GPS Berbasis Arduino Mega Dengan IOT. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
JURNAL-FACHRUR RIZAL ZAMRONI-1710622003.pdf

Download (521kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (981kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Listrik pada saat ini menjadi salah satu kebutuhan penting. PT. PLN (Persero) sebagai perusahaan yang bergerak di bidang ketenagalistrikan bertugas untuk melayani pasokan energi listrik. Sebuah sistem keandalan ketenagalistrikan dapat dikatakan handal apabila sistem itu mampu mengatasi gangguan listrik. Pada sebuah jaringan listrik tegangan menengah, beberapa peralatan proteksi yang sering dipasang salah satunya adalah fuse cut out (FCO). Fuse Cut Out (FCO) merupakan merupakan peralatan proteksi yang bekerja apabila terjadi gangguan arus lebih. Tujuannya yaitu untuk mendeteksi dini gangguan fuse cut out putus sehingga dapat mempercepat proses penormalan gangguan, maka dibutuhkan instrumentasi pengukuran untuk memonitoring nilai tegangan, arus, intensitas suara ketika terjadi ledakan pada fuse cut out, dan mendeteksi lokasi tempat terjadinya gangguan dengan mengetahui titik koordinat longitude dan latitude. Secara garis besar, tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumentasi pengukuran dari penelitian sebelumnya. Penelitian ini menggunakan 3 sensor yaitu PZEM-004T, sensor suara, dan GPS. Media perantara pengiriman data IoT dari alat ke Android adalah module GSM SIM800L. Dari hasil uji alat didapatkan hasil pengujian pada empat kondisi dan didapatkan pula error persen pada masing-masing pengukuran sensor yaitu pada pengujian module PZEM�004T didapatkan error persen rata-rata untuk tegangan sebesar 0,25% dan arus sebesar 2,15%, pada pengujian modul GPS didapatkan error persen rata-rata untuk longitude sebesar 0,002% dan latitude sebesar 0,0001%, pada pengujian sensor suara didapatkan error persen rata-rata sebesar0,81%. Kata Kunci: fuse cut out, PZEM-004T, sensor suara, GPS, GSM SIM 800L, IoT.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: fuse cut out, PZEM-004T, sensor suara, GPS, GSM SIM 800L, IoT.
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 628 Environmental Protection Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electronics Engineering (S1)
Depositing User: FACHRUR RIZAL ZAMRONI
Date Deposited: 12 Jul 2021 01:01
Last Modified: 12 Jul 2021 01:04
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/10998

Actions (login required)

View Item View Item