Perbedaan Kompetensi Sosial Siswa Boarding School dengan Full Day School SMP It Al Ghazali Jember



Mustofa, Mustofa (2016) Perbedaan Kompetensi Sosial Siswa Boarding School dengan Full Day School SMP It Al Ghazali Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of Naskah Publikasi Mustofa.pdf]
Preview
Text
Naskah Publikasi Mustofa.pdf

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of Pendahuluan.pdf] Text
Pendahuluan.pdf

Download (478kB)
[thumbnail of Abstraksi.pdf] Text
Abstraksi.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu kompetensi yang dibutuhkan remaja dalam berinteraksi adalah mampu memahami suatu situasi sosial yang memungkinkan individu dapat memilih berbagai macam perilaku yang sesuai harapan lingkungan sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kompetensi sosial siswa boarding school dan full day school SMP IT Al Ghazali Jember. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik perbedaan dari dua variabel. Populasi dari penelitian ini adalah siswa/siswi SMP IT AL Ghazali Jember, kelas VII dan VIII, berjumlah 150 orang yaitu masing-masing 71 siswa boarding school dan 79 siswa full day school. Teknik pengambilan sampel secara sampel kuota serta mengikuti aturan pengambilan sampel Isaac dan Michael sehingga total sampel 130 siswa, masing-masing diambil 65 siswa dari siswa boarding school maupun full day school. Data dikumpulkan menggunakan skala kompetensi sosial model Likert hasil modifikasi dari skala social school behavior scale yang pernah digunakan Rahman (2010) dengan reliabilitas 0,892 (N= 23 item valid).
Dari hasil uji validitas data (try out terpakai), item dinyatakan valid dari 40 item yang diuji. Reliabilitas sesungguhnya adalah kuat, sebesar α = 0,729. Hasil uji hipotesis perbedaan dengan menggunakan indepent sampel t-tes dari SPSS for windows versi 17, diketahui terdapat perbedaan signifikan antara kompetensi sosial siswa boarding school dengan full day school, dengan nilai hasil uji 0,064.

Contribution
Contributor Name
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Ervina, Iin
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Istiqomah, Istiqomah
UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Perbedaan, Kompetensi Sosial, Boarding School, Full Day School.
Subjects: 100 Philosophy > 150 Psychology
300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1)
Depositing User: Rudi Setiawan | rudi01755@gmail.com
Date Deposited: 09 Jan 2019 02:58
Last Modified: 28 Oct 2019 02:18
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1113

Actions (login required)

View Item View Item