Analisis Kandungan Kafein dan Uji Organoleptik Pada Kopi Arabika (Coffea arabica) Varietas Andungsari 2K Melalui Proses Roasting Sebagai Sumber Belajar Biologi

Annisafitriya, Annisafitriya (2021) Analisis Kandungan Kafein dan Uji Organoleptik Pada Kopi Arabika (Coffea arabica) Varietas Andungsari 2K Melalui Proses Roasting Sebagai Sumber Belajar Biologi. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (761kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (242kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
Artikel_Annisafitriya.pdf

Download (477kB)

Abstract

Kopi arabika adalah salah satu jenis kopi yang memiliki banyak penggemar karena memiliki citarasa yang lebih baik dibandingkan jenis kopi lainnya. Oleh karena itu, banyak varietas kopi arabika yang terbaru salah satunya adalah kopi arabika (Coffea arabica) varietas andungsari 2K yang dikembangkan oleh pusat penelitian kopi dan kakao yang berpusat di Kabupaten Jember. Saat ini, para penikmat kopi selalu menginginkan kopi dengan citarasa dan aroma yang baik daripada kandungan kopi itu sendiri. Kopi yang memiliki aroma dan citarasa yang baik harus melewati proses roasting cukup lama, namun hal tersebut berpengaruh terhadap berkurangnya kandungan kafein pada biji kopi. Masalah dalam penelitian ini adalah pengaruh penggunaan berbagai macam waktu dalam proses roasting terhadap jumlah kandungan kafein dan organoleptik biji kopi arabika (Coffea arabica) varietas andungsari 2K, serta bagaimana mengembangkan hasil penelitian menjadi sumber belajar biologi berupa lembar kerja peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan berbagai macam waktu dalam proses roasting terhadap jumlah kandungan kafein dan organoleptik biji kopi arabika (Coffea arabica) varietas andungsari 2K dan dapat dikembangkan sebagai sumber belajar biologi berupa lembar kerja peserta didik. Penelitian ini dilakukan di 3 tempat laboratorium yang berbeda. Jenis penelitian yaitu eksperimen dengan metode studi kasus sekali selidik (one shot case study) atau penelitian menggunakan satu kelompok yang diberi perlakuan kemudian dilakukan pengamatan. Hasil dari penelitian ini nantinya dikembangkan berupa lembar kerja peserta didik dengan menggunakan model four-D yang di batasi sampai tiga tahap saja meliputi: define, design, dan development. Berdasarkan hasil penelitan yaitu penggunaan berbagai macam waktu dalam proses roasting memberikan pengaruh terhadap jumlah kandungan kafein biji kopi arabika (Coffea arabica) varietas andungsari 2K, dimana jumlah kandungan kafein tertinggi yaitu pada biji kopi yang di roasting selama 2 menit sebesar 1,235%. Jumlah kandungan kafein terendah yaitu pada biji kopi yang di roasting selama 14 menit sebesar 0,730%. Proses roasting juga memberikan pengaruh terhadap penilaian organoleptik. Perolehan nilai tertinggi yaitu pada biji kopi yang di roasting selama 16 menit sebesar 39,6. Serta, perolehan nilai terendah yaitu pada biji kopi yang di roasting selama 2 menit sebesar 22,5. Hasil dari penelitian ini kemudian dapat dikembangkan sebagai sumber belajar biologi dalam bentuk lembar kerja peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kopi arabika (Coffea arabica) varietas andungsari 2K, Roasting, Organoleptik, Sumber belajar.
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology > 575 Specific Parts of & System in Plants
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Annisafitriya Annisafitriya
Date Deposited: 29 Jul 2021 00:56
Last Modified: 29 Jul 2021 00:56
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/11359

Actions (login required)

View Item View Item