Nugraini, Erlin (2021) Analisis Literasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Materi Bangun Datar Ditinjau Dari Segi Gender Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
02 ABSTAK.pdf Download (146kB) |
|
Text
03 BAB I.pdf Download (210kB) |
|
Text
04 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) | Request a copy |
|
Text
05 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) | Request a copy |
|
Text
06 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (781kB) | Request a copy |
|
Text
07 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) | Request a copy |
|
Text
08 BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) | Request a copy |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (152kB) |
|
Text
10 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
a. Pendahuluan (1).pdf Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini didasarkan pada hasil penelitian hasil wawancara dari guru wali kelas IV SDN Sumberpinang 01 yang menyatakan bahwa kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika memiliki kemampuan yang berbeda-beda antara siswa laki-laki dan perempuan. Oleh karena itu, peneliti melakukan analisis untuk mendeskripsikan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi bangun datar ditinjau dari segi gender. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana literasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada pokok bahasan bangun datar ditinjau dari segi gender siswa kelas IV Sekolah Dasar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi bangun datar ditinjau dari segi gender siswa kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pelaksanaan penelitian pada 16 Juni 2021 dikelas IV SDN Sumberpinang 01. Peneliti menggunakan 3 teknik pengumpulan data diantaranya tes soal, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa siswa dengan kriteria tinggi dapat memenuhi 3 indikator literasi matematis yaitu merumuskan situasi matematis, menerapkan konsep, dan menafsirkan hasil penyelesaian soal nomor 1 dan 2. Sedangkan siswa dengan kriteria sedang dapat memenuhi indikator literasi matematis yaitu sebanyak 2 indikator yaitu yaitu merumuskan situasi matematis dan menerapkan konsep. Sedangkan siswa dengan kriteria rendah dapat memenuhi 1 indikator yaitu menerapkan konsep. Kemampuan literasi matematis siswa kelas IV dalam menyelesaikan masalah matematika antara siswa laki-laki dan siswa perempuan tidak memiliki banyak perbedaan. Siswa perempuan lebih unggul dibandingkan siswa laki-laki pada komponen menerapakan konsep dengan indikator merancang dan menerapkan strategi untuk menemukan solusi matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi Matematis, Masalah Matematika, Gender | |||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 511 General Principles of Mathematics | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | erlin nugraini | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | erlinnugraini524@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 29 Jul 2021 13:34 | |||||||||
Last Modified: | 30 Jul 2021 07:25 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/11406 |
Actions (login required)
View Item |