Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Berdasarkan Permendesa PDTT Nomor 4 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan, Pendirian, Pembubaaran BUMDes (Studi di Desa Randuagung Kecamatan Sumber Jambe Kabupaten Jember)

Irianto, Ragasukma Adiluhung (2021) Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Berdasarkan Permendesa PDTT Nomor 4 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan, Pendirian, Pembubaaran BUMDes (Studi di Desa Randuagung Kecamatan Sumber Jambe Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
a. Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
b. Abstrak.pdf

Download (480kB)
[img] Text
c. Bab I.pdf

Download (560kB)
[img] Text
d. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text
e. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text
f. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
g. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text
h. Daftar Pustaka.pdf

Download (403kB)
[img] Text
i. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
j. ARTIKEL.pdf

Download (418kB)

Abstract

Dalam NAWACITA, khususnya Nawa Cita ke-tiga “Membangun Indonesia dari Pinggiran dengan Memperkuat Daerah-daerah dan Desa dalam Kerangka Negara Kesatuan”, Pemerintahan Jokowi-JK berkomitmen mengawal implementasi Undang- Undang Desa No.6 tahun 2014 tentang desa yang diatur dalam Peraturan Pemerintah No 11 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 Tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. BUMDes menjadi salah satu alat pembangunan di desa untuk meningkatkan perekonomian desa, peningkatan pendapatan desa, meningkatkan pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat, serta diharapkan dapat menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa (Pratama, 2017). Hal tersebut juga diatur dalam Peraturan Menteri Desa No.4 tahun 2015. Salah satunya adalah BUMDes yang ada pada Desa Randu Agung yang memiliki fenomena yaitu beberapa potensi desa belum bisa dimanfaatkan secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan yang dilakukan oleh BUMDES di Desa Randu Agung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan adanya hal tersebut diperoleh hasil diantaranya pembentukan BUMDes dilaksanakan atas inisiatif Pemerintah Desa bersama dengan masyarakat desa, pembentukan kepegurusan organisasi telah melaksanakan transparansi, modal yang diperoleh dari Pemerintah Desa telah disampaikan pada rapat terbuka dan telah transparant , BUMDes Agung Jaya telah memenuhi akuntabilitas prosedural dan BUMDes telah memiliki kemandirian, respontabilitas dan kesetaraan yang dinilai cukup baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : BUMDES, GCG, PDTT No 4 Thn 2015
Subjects: 300 Social Science > 320 Political dan Government Science
Divisions: Faculty of Social and Politics Science > Department of Government Science (S1)
Depositing User: Ragasukma Adiluhung I
Date Deposited: 31 Jul 2021 02:13
Last Modified: 31 Jul 2021 02:15
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/11529

Actions (login required)

View Item View Item