Saraswati, Novia Putri (2021) Hubungan Kemampuan Berbahasa dengan Kemampuan Sosialisasi pada anak Retardasi Mental Ringan di SLB-C TPA Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadyah Jember.
Text
a. Pendahuluan.pdf Download (1MB) |
|
Text
b. Bab I.pdf Download (493kB) |
|
Text
c. Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (682kB) | Request a copy |
|
Text
d. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (396kB) | Request a copy |
|
Text
e. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (646kB) | Request a copy |
|
Text
f. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (496kB) | Request a copy |
|
Text
g. Bab VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (516kB) | Request a copy |
|
Text
h. Bab VII.pdf Restricted to Repository staff only Download (477kB) | Request a copy |
|
Text
i. Daftar Pustaka.pdf Download (482kB) |
|
Text
j. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
k. Artikel.pdf Download (508kB) |
Abstract
Keterbelakangan mental adalah suatu kondisi di mana tingkat kecerdasan seseorang berkisar dari di bawah rata-rata atau kurangnya kemampuan mental dan keterampilan dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara kemampuan bahasa dan keterampilan sosial anak-anak pada simbol surat pengantar dan kata-kata secara keseluruhan di SLB-C TPA Jember. Metode penelitian ini adalah desain korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah 68 siswa SLB-C TPA Jember diambil secara acak. Data dikumpulkan oleh kuesioner dan dianalisis oleh distribusi frekuensi univariat, tes peringkat Spearman bivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas usia responden adalah usia 9-16 tahun sejumlah 47 (69,1%), tingkat pendidikan dasar dan menengah hingga 25 orang (36,8%), kemampuan berbicara cukup banyak kategori responden dengan 52 orang (76, 5%) dan kemampuan untuk mensosialisasikan responden cukup banyak 62 orang (91,2%). Ada hubungan antara kemampuan berbicara dengan keterampilan sosialisasi anak keterbelakangan mental ringan di TPA SLB-C Jember dengan arah positif dengan kekuatan di kategori menengah. Sehingga hipotesis ini diterima dan terbukti secara statistik. SLB-C menyarankan kepada TPA Jember untuk menetapkan target pencapaian keberhasilan terkait pengembangan sosialisasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan berbahasa, sosialisasi, retadrasi Mental | |||||||||
Subjects: | 300 Social Science > 304 Factors Affecting Social Behavior | |||||||||
Divisions: | Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1) | |||||||||
Department: | S1 Ilmu Keperawatan | |||||||||
Depositing User: | Novia Putri Saraswati | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | noviaptr0811@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 03 Nov 2021 01:28 | |||||||||
Last Modified: | 03 Nov 2021 01:28 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/12138 |
Actions (login required)
View Item |