Priabdian, Hilda (2021) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULISKAN KEMBALI ISI CERITA RAKYAT KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 02 WULUHAN. Undergraduate thesis, Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan.
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (900kB) |
|
Text
C. BAB 1.pdf Download (962kB) |
|
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (910kB) | Request a copy |
|
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (974kB) | Request a copy |
|
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (843kB) | Request a copy |
|
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (915kB) | Request a copy |
|
Text
H. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (819kB) | Request a copy |
|
Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (823kB) |
|
Text
J. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
K. ARTIKEL.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pada penelitian ini mempunyai masalah penelitian tentang bagaimana kemampuan siswa dalam menuliskan kembali isi cerita rakyat. Kemudian mempunyai tujuan penelitian yang merupakan bentuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menuliskan kembali isi cerita rakyat kelas X di SMA Muhammadiyah 02 Wuluhan. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Data dari penelitian ini berpacu kepada guru dan siswa. Data penelitian ini berbentuk data dari kemampuan siswa dalam menceritakan kembali isi cerita rakyat. Sumber data bersifat lokasional dan subtansif. Lokasi penelitian di SMA Muhammadiyah 02 Wuluhan desa Tanjungrejo Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai Agustus 2021. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan observasi . Instrumen penelitian ini berupa lembar penilaian, dan lembar pengamatan. Penelitian ini menggunakan teknik penilaian hasil kerja siswa dalam menuliskan sebuah cerita. Teknik analisis data menggunakan reduksi, penyajian data, dan penyimpulan data. Teknik pengujian keabsahan data dengan meningkatkan ketekunan. Hasil analisis data penelitian ini dilihat dari faktor kebahasaan dari nilai menceritakan kembali. Hasil penelitian ini terdapat keberagaman kemampuan siswa dalam menggunakan ejaan yang tepat, ada yang baik dan kurang baik dalam pemakaian diksi, dalam menyesuaikan cerita siswa cenderung menghilangkan bagian cerita yang tidak penting, dan pada penggunaan kalimat yang efektif siswa terlalu singkat dalam bercerita. Kata Kunci: Kemampuan Bercerita, Kriteria Penilaian Siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Bercerita, Kriteria Penilaian Siswa | |||||||||
Subjects: | 300 Social Science | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Bahasa Indonesia | |||||||||
Depositing User: | Hilda Destri Priabdian | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | hildadestri228@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 07 Dec 2021 06:41 | |||||||||
Last Modified: | 07 Dec 2021 06:47 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/12288 |
Actions (login required)
View Item |