(Peer Review + Similarity + Document) REPRESENTASI BRAND ISLAMI DALAM PRODUK KOPI (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Brand Produk Kopi)

SUSANTI, ARI (2019) (Peer Review + Similarity + Document) REPRESENTASI BRAND ISLAMI DALAM PRODUK KOPI (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Brand Produk Kopi). Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi, Jember.

[img] Text
TURNITIN REPRESENTASI BRAND ISLAMI DALAM PRODUK KOPI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BUKTI KEGIATAN MEDIAKOM.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4 PEER REVIEWER 4.pdf

Download (768kB)

Abstract

Brand atau merek merupakan faktor penting dalam proses pembelian produk. Penduduk Indonesia mayoritas beragama Islam. Banyak produk yang berada di pasar yang disangsikan tingkat kehalalannya. Penelitian ini mengupas representasi brand Islami produk kopi dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Meskipun ada faktor yang dapat mempengaruhi keputusan membeli seperti harga dan rasa, focus penelitian tetap pada brand islami. Penelitian ini berjudul Representasi Brand Islami dalam Produk Kopi – Analisis Semiotika Roland Barthes pada Brand Produk Kopi. Pendekatan Semiotika Roland Barthes menjadi pijakan analisis penelitian ini dikarenakan unsur budaya akan banyak diteliti. Penelitian kualitatif ini menggunakan teknik analisis triangulasi yaitu triangulasi data, triangulasi metode dan triangulasi teori. Hasil penelitian ini adalah penggunaan brand yang bernuansa Islami akan mudah diterima oleh pasar Indonesia yang mayoritas beragama Islam. Dengan menggunakan brand yang islami berdampak pada keyakinan konsumen atas kehalalan produk tersebut. Selain itu, menggunakan kata yang familiar seperti Sakinah akan mempercepat proses penerimaan produk di masyarakat. Dengan demikian, akan mempermudah kerja pemasaran dalam mempromosikan produk-produk dengan brand Islami identik dengan produk-produk makanan dan minuman yang halal. Kata kunci : Analisis Semiotika, Brand, dan Islami

Item Type: Peer Review
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 650 Business > 659 Advertising
Divisions: Faculty of Social and Politics Science > Department of Communication Science (S1)
Depositing User: ARI SUSANTI
Date Deposited: 11 Feb 2022 06:50
Last Modified: 30 Jun 2022 07:40
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/12857

Actions (login required)

View Item View Item