(LAPORAN PENGABDIAN + DOKUMEN) Pelatihan E-LKPD Menulis Paragraf Naratif Berdasarkan Kearifan Lokal Budaya Pendalungan

HASAN SUAEDI, HASAN (2022) (LAPORAN PENGABDIAN + DOKUMEN) Pelatihan E-LKPD Menulis Paragraf Naratif Berdasarkan Kearifan Lokal Budaya Pendalungan. [Teaching Resource] (In Press)

[img] Text
LAPORAN PENGABDIAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa tingkat tinggi. Oleh karena itu, mengajarkan keterampilan menulis di sekolah memerlukan perencanaan yang cukup baik. Realitas yang terjadi, pembelajaran menulis di sekolah dasar masih konvensional. Artinya guru mesih belum menggunakan e-LKPD dan belum memanfaatkan kearifan lokal budaya Pandalungan pada pembelajaran menulis paragraf naratif. Berdasarkan masalah di atas, penggunaan e-LKPD dengan memanfaatkan kearifan lokal bertujuan untuk mengatasi permasalahan pembelajaran keterampilan menulis di Madrasah Aliyah. Selain menggunakan e-LKPD menulis paragraf naratif, pemanfaatan kearifan lokal budaya Pandalungan yang mengandung nilai-nilai positif sangat penting untuk menanamkan nilai-nilai karakter peserta didik. Oleh karena itu, dalam pengabdian ini e-LKPD menulis paragraf naratif memanfaatkan kearifan lokal budaya Pandalungan dapat menjadi solusi permasalahan mitra. Tujuan memanfaatkan kearifan lokal budaya Pandalungan agar dapat memperkenalkan budaya kearifan lokal, menanamkan nilai-nilai budaya lokal, dan menghasilkan produk berupa sumber belajar dan buku saku bagi guru ketika mengajarkan keterampilan memulis. Guna mencapai target yang diharapkan dalam pengabdian, maka kegiatan pengabdian ini direncanakan dalam bentuk pelatihan e-LKPD menulis paragraf naratif dengan memanfaatkan kearifan lokal budaya Pandalungan. Adapun bentuk pelatihannya direncanakan memuat dua konsep utama. Pertama, memberikan pemahaman kepada pendidik tentang e-LKPD dan menulis paragraf naratif khususnya di Madrasah Aliyah. Kedua, memberikan pemahaman tentang pemanfaatan kearifan lokal budaya Pandalungan. Ketiga, memberikan pelatihan tentang penggunaan e-LKPD menulis paragraf naratif dengan memanfaatkan budaya Pandalungan. Berdasarkan hasil pelatihan e-LKPD di Madrasah Aliyah terjadi peningkatan pemahaman menulis paragraf naratif dengan memanfaatkan e-LKPD, diantaranya sebagai berikut. Pertama, guru telah memahami cara penggunaan e-LKPD dalam pembelajaran. Kedua, guru telah sadar dan dapat memanfaatkan kearifan lokal budaya Pandalungan ke dalam pembelajaran teks naratif. Ketiga, guru sudah dapat menggunakan e-LKPD dalam pembelajaran teks naratif di kelas.

Item Type: Teaching Resource
Uncontrolled Keywords: Pelatihan, LKPD, berbasis teks
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics
400 Language > 410 Linguistics > 411 Writing Systems
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: Suaedi Hasan
Date Deposited: 14 Feb 2022 03:35
Last Modified: 14 Feb 2022 03:35
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/12888

Actions (login required)

View Item View Item