(Peer Review + Similarity + Document) Pengembangan Mature sebagai Bahan Ajar

Ratnasari, Romi Dewi and Priantari, Ika and HAPSARI, ARI INDRIANA (2017) (Peer Review + Similarity + Document) Pengembangan Mature sebagai Bahan Ajar. UM Jember, UM Jember.

[img] Text
artikel vol 2 no 2.pdf

Download (268kB)
[img] Text
Similarity PENGEMBANGAN MATURE SEBAGAI BAHAN AJAR THE DEVELOPMENT OF MATURE AS TEACHING MATERIALS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
peer review mature Bioma 1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan “Mature (Majalah Tumbuhan Rendah) sebagai bahan ajar pada mata pelajaran biologi materi kingdom plantae kelas X IPA”. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Model penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan IDI (Intructional Development Institute) yang terdiri dari 3 tahapan, yaitu penentuan (define), pengembangan (develop) and evaluasi (evaluate). Penilaian uji validasi ahli dilakukan oleh ahli materi, ahli media, ahli bahasa, ahli pengguna dan peer reviewer, sedangkan uji coba terbatas melibatkan subyek coba siswa sebanyak 10 orang siswa kelas X IPA 4 SMA Muhammadiyah 3 Jember. Berdasarkan analisis skor rata-rata penilaian ahli materi, ahli media, ahli bahasa, peer reviewer diperoleh skor rata-rata keseluruhan 4 dengan kriteria valid, sedangkan untuk ahli pengguna diperoleh skor rata-rata 4 dengan kriteria valid. Hasil uji coba keterbacaan dan tingkat kesulitan menunjukkan bahwa Mature mudah terbaca dengan baik serta respon siswa yang memberikan respon positif terhadap Mature (Majalah Tumbuhan Rendah) yang dikembangkan lebih dari 80%. Kata Kunci: Mature, Bahan Ajar, Kingdom Plantae.

Item Type: Peer Review
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Ika Priantari
Date Deposited: 16 Feb 2022 05:50
Last Modified: 20 May 2022 01:55
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/12961

Actions (login required)

View Item View Item