(Peer Review) Konstruksi Berpikir Kritis Melalui Pengenalan Fungsi Jam dan Konsep Waktu Pada Anak Usia Dini



Wardhani, Wahju Dyah Laksmi (2018) (Peer Review) Konstruksi Berpikir Kritis Melalui Pengenalan Fungsi Jam dan Konsep Waktu Pada Anak Usia Dini. Universitas Muhammadiyah (UM) Tasikmalaya.

[thumbnail of Peer Review Berpikir Kritis_rev.pdf] Text
Peer Review Berpikir Kritis_rev.pdf

Download (7MB)
Official URL: https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2a.283

Abstract

Kajian ini merupakan penelitian tindakan kelas pada anak kelompok usia 5 – 6 tahun di Sekolah Laboratorium Taman Kanak-Kanak Yasmin Jember, yang bertujuan untuk mengenalkan fungsi jam dan konsep waktu. Pengenalan tentang jam sudah sering dilakukan di TK Yasmin, yang dikaitkan dengan pengenalan lambang bilangan yang ada pada jam. Sedangkan konsep waktu dikenalkan pada anak berkaitan dengan kegiatan sehari-hari yang dilakukan anak. Namun pengenalan fungsi angka, fungsi jarum jam sebagai penunjuk lama atau kapan keberlangsungan suatu kegiatan dilakukan, yang dikenal sebagai waktu, seringkali dianggap tidak penting untuk dikenalkan pada anak. Mengenalkan makna waktu mengkonstrak berpikir kritis anak untuk melakukan regulasi memahami sikap, pengetan dan keterampilan agar belajar memahami pentingnya pelaksanaan suatu kegiatan dengan batasan waktu tertentu. Kajian ini dianalisis secara naratif interpretative berbasis teori untuk memahami kompetensi anak dalam mengkonstrak pengetahuan baru dalam bentuk kreatif. Kata kunci: fungsi jam, konsep waktu, berpikir kritis

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Actor
Sa'diyah, Dewi Khoirotus
UNSPECIFIED

Item Type: Peer Review
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1)
Depositing User: W. Dyah Laksmi Wardhani | dyahlaksmi_paud@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 19 Feb 2022 01:45
Last Modified: 14 Apr 2022 01:11
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/13004

Actions (login required)

View Item View Item