Putra, Alfian Yulianto Yanwar (2022) Gambaran Kematangan Emosi Pada Siswa SMA Islam Terpadu Ar-Rahmah Lumajang. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
Text
a. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
b. ABSTRAK.pdf Download (161kB) |
|
Text
c. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
d. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
e. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (994kB) | Request a copy |
|
Text
f. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
g. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) | Request a copy |
|
Text
h. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (323kB) |
|
Text
i. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
j. NASPUB.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kematangan emosi merupakan kemampuan dalam mengendalikan emosi, berfikir dengan baik dan mampu dalam melihat masalah secara objektif yang berkaitan dengan kematangan mental dan usia. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran kematangan emosi pada siswa SMA Islam Terpadu Ar-Rahmah Lumajang. Penelitian ini mengggunakan metode pendekatan kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sample menggunakan sample jenuh, dimana semua populasi dijadikan sebagai sample, jumlah sample 58 yang terdiri dari laki-laki dan perempuan, rentang usianya 15-19 tahun. Alat ukur yang digunakan adalah kematangan emosi yang diadaptasi dari Ulum (2017). Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja SMA-IT Ar-Rahmah Lumajang memiliki tingkat kematangan emosi cenderung rendah dengan perolehan prosentase sebesar 69% (40 siswa). Data dari pengkategorian menunjukkan bahwa remaja tidak memiliki kematangan emosi yang artinya remaja belum mampu dalam mengendalikan emosinya, cenderung berubah-ubah, tidak mampu berpikir secara kritis dan kurangnya rasa tanggung jawab. Dilihat dari aspek bertanggung jawab remaja berada pada kategori rendah dengan prosentase 17% atau sebanyak 10 siswa. Aspek mengontrol dan mengekspresikan emosi dengan baik dengan prosentase 21% atau sebanyak 12 siswa. Aspek berikutnya adalah tidak impulsif dengan prosentasi 22% sebanyak 13 siswa. Aspek berfikir objektif dengan prosentase 36% sebanyak 21 siswa pada kategori rendah. Kemudian pada aspek menerima diri sendiri dan orang lain memperoleh prosentase sebesar 50% atau sebanyak 29 siswa. Bagi peneliti selanjutnya hendaknya melakukan variasi tempat subjek penelitian yang lebih luas sehingga data yang diperoleh lebih menggambarkan tingkat kematangan emosi remaja dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan menambah variabel penelitian seperti ditinjau dari struktur pola asuh orang tua dan faktor keluarga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kematangan Emosi, SMA Islam, Remaja | |||||||||
Subjects: | 100 Philosophy > 150 Psychology | |||||||||
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1) | |||||||||
Department: | S1 Psikologi | |||||||||
Depositing User: | ALFIAN YULIANTO YANWAR PUTRA | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | alfianyulianto221@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 18 Feb 2022 02:34 | |||||||||
Last Modified: | 18 Feb 2022 02:34 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/13026 |
Actions (login required)
View Item |