(Peer review + Similarity) Analisis Keefektifan Pembelajaran Matematika Online

Qurrota, A'yun and Dimas, Anditha Cahyo Sujiwo (2021) (Peer review + Similarity) Analisis Keefektifan Pembelajaran Matematika Online. Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika, Indonesia.

[img] Text
2. peer review analisis keefektifan pemb. mtk. online.pdf

Download (438kB)
[img] Text
plagiasi analisis pembelajaran online.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran matematika online, kelebihan dan kekurangan pembelajaran matematika online di MTs. Nurul Jadid. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang menggambarkan secara rinci baik kondisi maupu proses pelaksanaannya, serta mengaitkan hubungannya terkait berupa temuan pada kegiatan pelaksanaan penelitian. Digunakannya penelitian kualitatif ini untuk memahami segala tindakan-tindakan pada subjek dan objek yang diteliti melalui teknik-teknik penelitian kualitatif seperti wawancara secara mendalam dan respon siswa terhadap pembelajaran matematika online. Pembelajaran matematika online di MTs. Nurul Jadid dikatakan cukup efektif dengan hasil penelitian sebagai berikut. 1) Kegiatan pembelajaran online di MTs. Nurul Jadid berupa pemberian materi, pemberian tugas dan pengumpulan tugas. Tentu dengan adanya dampak perubahan belajar mengajar ini menjadi kerugian besar bagi guru karena dalam belajar menggajarnya menjadi kurang maksimal. Namun dalam hal kegiatan pembelajaran online siswa aktif terlibat dalam proses belajar. Hal ini juga terjadi pada siswa yang sebelumnya tidak aktif pada saat kegiatan belajar secara tatap muka, namun pada pembelajaran online ini aktif. 2) Persentase respon siswa terhadap pembelajaran online mencapai 68,23%. Nilai ini berada pada kategori kuat artinya siswa sangat senang dan antusias dengan pembelajaran online yang dilaksanakan di MTs. Nurul Jadid. 3) Berdasarkan kelebihan pembelajaran online, siswa yang pendiam atau pemalu lebih percaya diri. hal ini dapat disebabkan karena siswa lebih berani karena berhadapan dengan guru dan teman-temannya melalui media handphone. Ketergantungan siswa pada guru berkurang, siswa juga dapat menemukan informasi dari berbagai sumber internet. Sementara berdasarkan kekurangannya, sinyal menjadi kendalan sebagian besar siswa.

Item Type: Peer Review
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pembelajaran Online, Pembelajaran Matematika
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 519 Probabilities & Applied Mathematics
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Depositing User: qurrota a'yun a'yun
Date Deposited: 02 Mar 2022 03:11
Last Modified: 02 Mar 2022 03:11
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/13243

Actions (login required)

View Item View Item