Pengaruh Uji Performa Mesin Terhadap Sepeda Motor Matic 110cc Menggunakan Variasi Bahan Bakar



Andika, Ungki Hariyanto (2022) Pengaruh Uji Performa Mesin Terhadap Sepeda Motor Matic 110cc Menggunakan Variasi Bahan Bakar. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of a. Pendahuluan.pdf] Text
a. Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of b. Abstrak.pdf] Text
b. Abstrak.pdf

Download (675kB)
[thumbnail of c. Bab I.pdf] Text
c. Bab I.pdf

Download (620kB)
[thumbnail of d. Bab II.pdf] Text
d. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (994kB) | Request a copy
[thumbnail of e. Bab III.pdf] Text
e. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB) | Request a copy
[thumbnail of f. Bab IV.pdf] Text
f. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (774kB) | Request a copy
[thumbnail of g. Bab V.pdf] Text
g. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB) | Request a copy
[thumbnail of h. Daftar Pustaka.pdf] Text
h. Daftar Pustaka.pdf

Download (492kB)
[thumbnail of i. Lampiran.pdf] Text
i. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of j. Artikel.pdf] Text
j. Artikel.pdf

Download (690kB)

Abstract

Dengan semakin berkembangnya ilmu dan teknologi membuat manusia untuk
menciptakan hal baru dalam teknologi otomotif yaitu sistem EFI (Elektronik Fuel
Injection). Hal ini membuat teknologi sistem bahan bakar konvensional menjadi
terganti. Penggantian sistem bahan bakar konvensional ke sistem EFI agar dapat
meningkatkan kerja perubahan tenaga mesin (power). Salah satu modifikasi yang
menjadi topik penelitian ini adalah memvariasikan berbagai macam bahan bakar
premium, pertalite dan pertamax dan juga melakukan perubahan atau modifikasi
pada bagian ECU ( Electronic Control Unit )khususnya pada bagian ignition
timming (IGT) yang mengatur waktu percikan api dari busi muncul.setelah
melakukan penelitian didapatkan hasil Performa engine saat menggunakan variasi
bahan bakar dan variasi ECU terbesar didapatkan pada bahan bakar pertamax turbo
dengan ECU racing yaitu daya sebesar 7.4 HP pada RPM 2000 RPM hasil torsi
sebesar 35.53 NM pada putaran mesin 1250 RPM . Performa mesin menggunakan
variasi timing pengapian terbesar yang didapat adalah pada saat timing pegapian
dimajukan sebesar 20 dengan menghasilkan 7.9 HP pada putaran mesin 2000 RPM
dan torsi sebesar 36.23 NM pada putaran mesin 1262 RPM

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Nely, Ana Mufarida
nidn0022047701
Dosen Pembimbing
Ardhi, Fathonisyam Putra Nusantara
nidn0728038002

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: EFI( Elektronik Fuel Injection, Performa Mesin, Pertamax Plus, Motor Matic, ECU(Electronic Control Unit)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 690 Planning, Anaysis, Engineering Design
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1)
Depositing User: ANDIKA UNGKI HARIYANTO | dikaastutjack93@gmail.com
Date Deposited: 15 Mar 2022 02:53
Last Modified: 15 Mar 2022 02:53
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/13385

Actions (login required)

View Item View Item