Pengaruh Uji Performa Mesin Terhadap Sepeda Motor Matic 110cc Menggunakan Variasi Bahan Bakar

Andika, Ungki Hariyanto (2022) Pengaruh Uji Performa Mesin Terhadap Sepeda Motor Matic 110cc Menggunakan Variasi Bahan Bakar. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
a. Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
b. Abstrak.pdf

Download (675kB)
[img] Text
c. Bab I.pdf

Download (620kB)
[img] Text
d. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (994kB) | Request a copy
[img] Text
e. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB) | Request a copy
[img] Text
f. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (774kB) | Request a copy
[img] Text
g. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text
h. Daftar Pustaka.pdf

Download (492kB)
[img] Text
i. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
j. Artikel.pdf

Download (690kB)

Abstract

Dengan semakin berkembangnya ilmu dan teknologi membuat manusia untuk menciptakan hal baru dalam teknologi otomotif yaitu sistem EFI (Elektronik Fuel Injection). Hal ini membuat teknologi sistem bahan bakar konvensional menjadi terganti. Penggantian sistem bahan bakar konvensional ke sistem EFI agar dapat meningkatkan kerja perubahan tenaga mesin (power). Salah satu modifikasi yang menjadi topik penelitian ini adalah memvariasikan berbagai macam bahan bakar premium, pertalite dan pertamax dan juga melakukan perubahan atau modifikasi pada bagian ECU ( Electronic Control Unit )khususnya pada bagian ignition timming (IGT) yang mengatur waktu percikan api dari busi muncul.setelah melakukan penelitian didapatkan hasil Performa engine saat menggunakan variasi bahan bakar dan variasi ECU terbesar didapatkan pada bahan bakar pertamax turbo dengan ECU racing yaitu daya sebesar 7.4 HP pada RPM 2000 RPM hasil torsi sebesar 35.53 NM pada putaran mesin 1250 RPM . Performa mesin menggunakan variasi timing pengapian terbesar yang didapat adalah pada saat timing pegapian dimajukan sebesar 20 dengan menghasilkan 7.9 HP pada putaran mesin 2000 RPM dan torsi sebesar 36.23 NM pada putaran mesin 1262 RPM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: EFI( Elektronik Fuel Injection, Performa Mesin, Pertamax Plus, Motor Matic, ECU(Electronic Control Unit)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 690 Planning, Anaysis, Engineering Design
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1)
Department: S1 Teknik Mesin
Depositing User: ANDIKA UNGKI HARIYANTO
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorNely, Ana Mufaridanidn0022047701
Thesis advisorArdhi, Fathonisyam Putra Nusantaranidn0728038002
Contact Email Address: dikaastutjack93@gmail.com
Date Deposited: 15 Mar 2022 02:53
Last Modified: 15 Mar 2022 02:53
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/13385

Actions (login required)

View Item View Item