Pengaruh Uji Performa Mesin Terhadap Sepeda Motor Matic 110cc Menggunakan Variasi Bahan Bakar
Andika, Ungki Hariyanto (2022) Pengaruh Uji Performa Mesin Terhadap Sepeda Motor Matic 110cc Menggunakan Variasi Bahan Bakar. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
a. Pendahuluan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
b. Abstrak.pdf Download (675kB) |
![]() |
Text
c. Bab I.pdf Download (620kB) |
![]() |
Text
d. Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (994kB) | Request a copy |
![]() |
Text
e. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (633kB) | Request a copy |
![]() |
Text
f. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (774kB) | Request a copy |
![]() |
Text
g. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (492kB) | Request a copy |
![]() |
Text
h. Daftar Pustaka.pdf Download (492kB) |
![]() |
Text
i. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
j. Artikel.pdf Download (690kB) |
Abstract
Dengan semakin berkembangnya ilmu dan teknologi membuat manusia untuk
menciptakan hal baru dalam teknologi otomotif yaitu sistem EFI (Elektronik Fuel
Injection). Hal ini membuat teknologi sistem bahan bakar konvensional menjadi
terganti. Penggantian sistem bahan bakar konvensional ke sistem EFI agar dapat
meningkatkan kerja perubahan tenaga mesin (power). Salah satu modifikasi yang
menjadi topik penelitian ini adalah memvariasikan berbagai macam bahan bakar
premium, pertalite dan pertamax dan juga melakukan perubahan atau modifikasi
pada bagian ECU ( Electronic Control Unit )khususnya pada bagian ignition
timming (IGT) yang mengatur waktu percikan api dari busi muncul.setelah
melakukan penelitian didapatkan hasil Performa engine saat menggunakan variasi
bahan bakar dan variasi ECU terbesar didapatkan pada bahan bakar pertamax turbo
dengan ECU racing yaitu daya sebesar 7.4 HP pada RPM 2000 RPM hasil torsi
sebesar 35.53 NM pada putaran mesin 1250 RPM . Performa mesin menggunakan
variasi timing pengapian terbesar yang didapat adalah pada saat timing pegapian
dimajukan sebesar 20 dengan menghasilkan 7.9 HP pada putaran mesin 2000 RPM
dan torsi sebesar 36.23 NM pada putaran mesin 1262 RPM
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingNely, Ana Mufaridanidn0022047701Dosen PembimbingArdhi, Fathonisyam Putra Nusantaranidn0728038002
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | EFI( Elektronik Fuel Injection, Performa Mesin, Pertamax Plus, Motor Matic, ECU(Electronic Control Unit) |
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 690 Planning, Anaysis, Engineering Design |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1) |
Depositing User: | ANDIKA UNGKI HARIYANTO | dikaastutjack93@gmail.com |
Date Deposited: | 15 Mar 2022 02:53 |
Last Modified: | 15 Mar 2022 02:53 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/13385 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |