Andryani, Ferina (2022) EVALUASI KINERJA SIMPANG BERSINYAL DAN SOLUSI ALTERNATIF MENGGUNAKAN VISSIM PADA SIMPANG TIGA PAKEM KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (906kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (617kB) |
|
Text
3. BAB I.pdf Download (595kB) |
|
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) | Request a copy |
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (435kB) |
|
Text
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
10. JURNAL.pdf Download (924kB) |
Abstract
Seiring perkembangan jaman yang kian maju dan berkembang, maka akan diikuti dengan pertumbuhan penduduk yang makin meningkat pula. Kabupaten Jember merupakan salah satu wilayah di Jawa Timur yang memiliki jumlah penduduk yang besar. Lingkungan Sumberpakem yang berada pada Kecamatan Kebonsari merupakan daerah yang padat penduduk. Pada lingkungan tersebut terdapat simpang tiga bersinyal yang menghubungkan Kabupaten Jember dan Kabupaten Banyuwangi. Kendaraan bermotor yang lalu lalang melewati persimpangan tersebut sangat padat, sehingga menyebabkan kemacetan yang sangat panjang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh dari volume kendaraan terhadap kapasitas simpang. Metode penelitian dengan melakukan survey volume lalu lintas dan mengacu pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014 dan kemudian akan disimulasikan pada Vissim. Diperoleh hasil perhitungan kapasitas simpang bersinyal pada Jl. Basuki Rahmat (utara) 641 skr /jam, Jl. Wolter Monginsidi 970 skr/jam, Jl. Basuki Rahmat (selatan) 946 skr/jam. Derajat kejenuhan simpang bersinyal sebesar 0,8830 dan tundaan rata-rata simpang bersinyal sebesar 62 pada Jl. Basuki Rahmat (utara), 51 pada Jl. Wolter Monginsidi, 50 pada Jl. Basuki Rahmat (selatan). Panjang antrian pada Jl. Basuki Rahmat (utara) 56 m, Jl. Wolter Monginsidi 80 m dan Jl. Basuki Rahmat (selatan) 78 m. Hasil simulasi pada Vissim didapatkan nilai tundaan sebesar 136 det/skr pada Jalan Basuki Rahmat, 103 det/skr pada Jalan Mr. Wahid, 147 det/skr pada Jalan M.H. Thamrin dan 156 det/skr pada Jalan Wolter Monginsidi. Nilai tundaan pada Vissim menghasilkan jumlah yang lebih besar jika dibandingkan menggunakan perhitungan menggunakan metode PKJI 2014. Perbedaan nilai tersebut disebabkan karena pada Vissim, kendaraan jenis sepeda motor nilai satuannya sama seperti kendaraan ringan (mobil) sehingga menyebabkan antrian yang lebih panjang daripada keadaan asli di lapangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja Ruas Jalan, Kapasitas, Antrian, Vissim | |||||||||
Subjects: | 300 Social Science > 380 Commerce, Communications, Transportation > 385 Railroad Transportation | |||||||||
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1) | |||||||||
Department: | S1 Teknik Sipil | |||||||||
Depositing User: | Ferina Andryani | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | andryaniferina@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 26 Apr 2022 01:25 | |||||||||
Last Modified: | 26 Apr 2022 01:25 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/13622 |
Actions (login required)
View Item |