(PEER REVIEW + SIMILARITY + DOCUMENT) PENGUNGKAPAN WAJIB LAPORAN KEUANGAN PADA PEMERINTAH KABUPATEN DAN KOTA DI INDONESIA

Susbiyani, Arik (2015) (PEER REVIEW + SIMILARITY + DOCUMENT) PENGUNGKAPAN WAJIB LAPORAN KEUANGAN PADA PEMERINTAH KABUPATEN DAN KOTA DI INDONESIA. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
Turnitin 2015.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Peer Review.pdf

Download (438kB)
[img] Text
Prosiding 2015_File Lengkap.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh ukuran pemerintah daerah, kemandirian, umur, dan pendapatan transfer terhadap pengungkapan wajib laporan keuangan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemerintah kabupaten dan kota di Indonesia. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling sehingga jumlah sampel yang memenuhi kriteria sebanyak 89 kabupaten dan kota. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan ukuran pemerintah kabupaten dan kota berpengaruh terhadap kepatuhan pengungkapan. Pemerintah daerah yang memiliki aset total tinggi mendapat perhatian yang lebih tinggi dari masyarakat. Akibatnya, pemerintah daerah akan lebih transparan dalam menyampaikan informasi melalui kepatuhan pengungkapan. Hasil lainnya menunjukkan kemandirian pemerintah daerah berpengaruh positif terhadap kepatuhan pengungkapan. Sebaliknya, hasil penelitian ini gagal membuktikan variabel umur dan pendapatan transfer berpengaruh terhadap kepatuhan pengungkapan.

Item Type: Peer Review
Subjects: 300 Social Science > 330 Economics > 332 Financial Economics, Finance
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting (S1)
Depositing User: Arik Susbiyani
Date Deposited: 15 Jun 2022 07:19
Last Modified: 21 Jun 2022 01:25
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/13810

Actions (login required)

View Item View Item