(Peer Review + Similarity + Document) ANALISIS POTENSI TEMBAKAU NA OOGST SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI

EURIKA, NOVY and Hapsari, Ari Indriana (2017) (Peer Review + Similarity + Document) ANALISIS POTENSI TEMBAKAU NA OOGST SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI. Universitas Muhammadiyah Jember, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. Analisis Potensi Tembakau_Bioma.pdf

Download (420kB)
[img] Text
1. Similarity_Analisis Potensi Tembakau.pdf

Download (2MB)
[img] Text
1. Peer Review_Analisis Potensi Tembakau Na Ooogst.pdf

Download (650kB)

Abstract

Tembakau Na Oogst merupakan salah satu produk unggulan lokal Kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif yang bertujuan untuk menganalisis potensi Tembakau Na Oogst sebagai sumber belajar Biologi SMK berbasis keunggulan lokal. Analisis potensi sumber belajar dilakukan melalui analisis kurikulum dengan melihat kesesuaian sumber belajar dengan kurikulum yang berlaku di SMK, dalam hal ini adalah kurikulum 2013. Hasil analisis yang dipoleh menunjukkan bahwa fakta-fakta, konsep, prinsip dan prosedur terkait Tembakau Na Oogst sesuai atau berkaitan dengan standar isi mata pelajaran Biologi SMK pada kurikulum 2013, khususnya pada materi pokok objek dan permasalahan Biologi, struktur dan fungsi jaringan tumbuhan, pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan serta virus. Mengacu pada hasil analisis kurikulum tersebut, maka selanjutnya dapat dijadikan acuan pengembangan bahan ajar berbasis potensi lokal (Tembakau Na Oogst) melalui penyesuaian terhadap Kurikulum 2013, karakteristik dan kebutuhan peserta didik serta kemampuan guru.

Item Type: Peer Review
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 373 Secondary Education
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology > 575 Specific Parts of & System in Plants
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Eurika Novy
Date Deposited: 20 Jun 2022 06:18
Last Modified: 20 Jun 2022 06:18
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/13910

Actions (login required)

View Item View Item