(Peer Review+Similarity+Dokumen) Kerumitan Kalimat Bahasa Indonesia Siswa Autis

ANGGRAENI, ASTRI WIDYARULI (2021) (Peer Review+Similarity+Dokumen) Kerumitan Kalimat Bahasa Indonesia Siswa Autis. BEALAJAR BAHASA, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
TURNITIN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
PEER REVIEW 1 DAN 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (230kB)

Abstract

Tata Bahasa Semesta diyakini oleh para ahli bahasa sebagai piranti belajar bahasa pada anak yang dapat mengembangkan pemerolehan bahasanya. Penelitian ini mengkaji dan mengeksplanasikan kerumitan kalimat bahasa Indonesia siswa autis yang dibangun dengan inti leksikal. Hasil yang didapatkan adalah siswa autis mengembangkan kerumitan kalimat dengan menggunakan inti leksikal verba dengan pola tanpa komplemen, inti leksikal verba dengan adanya argumen dalam, inti leksikal dengan keterangan tambahan frase preposisi, dan koordinasi verba berpalang satu (V’ coordination). Pada inti leksikal adjektiva berupa kalimat tanpa argumen yang berproyeksi maksimal dan diproyeksikan langsung ke proyeksi maksimal (FAdj). Kalimat tersebut dianalisis menggunakan skema X-Bar sebagai salah satu model TBPI (Government and Binding). Kata Kunci: kalimat; autis; teori X-BaR

Item Type: Peer Review
Uncontrolled Keywords: kalimat, autis, teori X-Bar
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 415 Grammar
Depositing User: Astri Widyaruli Anggraeni
Date Deposited: 13 Jul 2022 01:59
Last Modified: 13 Jul 2022 01:59
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14056

Actions (login required)

View Item View Item