(Peer Review+Similarity+Dokumen) Kerumitan Kalimat Bahasa Indonesia Siswa Autis
ANGGRAENI, ASTRI WIDYARULI (2021) (Peer Review+Similarity+Dokumen) Kerumitan Kalimat Bahasa Indonesia Siswa Autis. BEALAJAR BAHASA, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
TURNITIN.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
PEER REVIEW 1 DAN 2.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Download (230kB) |
Abstract
Tata Bahasa Semesta diyakini oleh para ahli bahasa sebagai piranti belajar
bahasa pada anak yang dapat mengembangkan pemerolehan bahasanya.
Penelitian ini mengkaji dan mengeksplanasikan kerumitan kalimat bahasa
Indonesia siswa autis yang dibangun dengan inti leksikal. Hasil yang
didapatkan adalah siswa autis mengembangkan kerumitan kalimat dengan
menggunakan inti leksikal verba dengan pola tanpa komplemen, inti
leksikal verba dengan adanya argumen dalam, inti leksikal dengan
keterangan tambahan frase preposisi, dan koordinasi verba berpalang satu
(V’ coordination). Pada inti leksikal adjektiva berupa kalimat tanpa
argumen yang berproyeksi maksimal dan diproyeksikan langsung ke
proyeksi maksimal (FAdj). Kalimat tersebut dianalisis menggunakan
skema X-Bar sebagai salah satu model TBPI (Government and Binding).
Kata Kunci: kalimat; autis; teori X-BaR
[error in script]
Item Type: | Peer Review |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | kalimat, autis, teori X-Bar |
Subjects: | 400 Language > 410 Linguistics > 415 Grammar |
Depositing User: | Astri Widyaruli Anggraeni | astriwidyaruli@unmuhjember.ac.id |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 01:59 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 01:59 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14056 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |