ANALISIS MINAT MENGGUNAKAN APLIKASI FLIP.ID DALAM PERSPEKTIF MAQASHID SYARIAH DAN TINJAUAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

Sahroni, Firman (2022) ANALISIS MINAT MENGGUNAKAN APLIKASI FLIP.ID DALAM PERSPEKTIF MAQASHID SYARIAH DAN TINJAUAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (511kB)
[img] Text
3. Bab I.pdf

Download (760kB)
[img] Text
4. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (777kB) | Request a copy
[img] Text
5. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (801kB) | Request a copy
[img] Text
6. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (977kB) | Request a copy
[img] Text
7. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (762kB) | Request a copy
[img] Text
8. Bab VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text
9. Daftar Rujukan.pdf

Download (746kB)
[img] Text
10. Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Firman Sahroni, 2022. Analisis Minat Menggunakan Aplikasi Flip.id dalam Perspektif Maqashid Syariah dan Tinjauan Technology Acceptance Model (TAM). Skripsi. Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing: (1) Miftahul Hasanah, M.E.I (2) Salahuddin Rijal Arifin, S.E.I., M.SM. Kata kunci: Minat Menggunakan Aplikasi Flip.id, Maqashid Syariah, Technology Acceptance Model (TAM). Flip.id merupakan salah satu aplikasi layanan transfer antar bank yang meniadakan biaya administrasi pada setiap transaksi transfer beda bank. Hadirnya aplikasi tersebut menjadi daya tarik bagi pemilik rekening bank. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Kesesuaian konsep mekanisme, kemanfaatan, kemudahan di aplikasi flip.id dengan maqashid syariah. (2) Pengaruh positif kemanfaatan terhadap minat menggunakan aplikasi flip.id. (3) Pengaruh positif kemudahan terhadap minat menggunakan aplikasi flip.id. Penelitian ini merupakan replikasi dan pengembangan model Technology Acceptance Model (TAM) dari penelitian sebelumnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan dengan metode penelitian kombinasi (mixed methods) yang menggabungkan penelitian kualitatif dan kuantitatif secara berurutan dengan desain rancangan yang digunakan the exploratory sequentional design. Sampel penelitian ini adalah pengguna dan non pengguna yang berasal dari kota Jember. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan dalam proses pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan menggunakan media google form yang telah di uji validitas dan reabilitasnya. Model analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Terdapat kesesuaian konsep mekanisme, kemanfaatan, kemudahan di aplikasi flip.id dengan maqashid syariah. (2) Kemanfaatan penggunaan berpengaruh positif terhadap minat menggunakan aplikasi flip.id. (3) Kemudahan penggunaan berpengaruh positif terhadap minat menggunakan aplikasi flip.id.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Minat Menggunakan Aplikasi Flip.id, Maqashid Syariah, Technology Acceptance Model (TAM).
Subjects: 300 Social Science > 330 Economics > 332 Financial Economics, Finance
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Sharia Economy (S1)
Depositing User: Firman Sahroni
Date Deposited: 18 Jul 2022 01:13
Last Modified: 18 Jul 2022 01:13
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14099

Actions (login required)

View Item View Item