PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR BAHASA INDONESIA DI MTs. MUHAMMADIYAH RANDUAGUNG KABUPATEN LUMAJANG

Febriyanti, Melania Ainun (2022) PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR BAHASA INDONESIA DI MTs. MUHAMMADIYAH RANDUAGUNG KABUPATEN LUMAJANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (117kB)
[img] Text
3. Bab I.pdf

Download (214kB)
[img] Text
4. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text
5. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text
6. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text
7. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text
8. Bab VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text
9. Daftar Rujukan.pdf

Download (117kB)
[img] Text
10. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kesulitan belajar adalah suatu keadaan dimana seorang peserta didik tidak dapat belajar dengan baik, karena adanya ancaman, hambatan atau ketidakmampuan belajar yang dihadapi peserta didik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis kesulitan belajar, faktor penyebab, dan peran guru pada siswa kelas VII MTs. Muhammadiyah Randuagung Kabupaten Lumajang. Kemauan belajar rendah dan kurang dukungan dari orang tua untuk belajar di rumah menjadi faktor penyebab peserta didik mengalami kesulitan belajar. Khususnya pada mata pelajaran bahasa Indonesia yang mengandung banyak bahan bacaan, memberikan gangguan belajar kepada peserta didik yang kesulitan membaca. Adapun faktor internalnya adalah minat belajar peserta didik sendiri yang rendah. Sedangkan faktor eksternal berkaitan dengan orang tua yang kurang mendukung proses belajar anaknya di rumah. Metode penelitian ini adalah deskripstif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah peserta didik dan guru bahasa Indonesia. Tempat penelitian di MTs. Muhammadiyah Randuagung, pada tanggal 17 Mei hingga 31 Mei 2022. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan lembar observasi, lembar wawancara, dan lembar dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengujian keabsahan data dengan meningkatkan kecermatan dalam penelitian. Hasil analisis data dalam penelitian ini yaitu kesulitan belajar yang ditemukan pada peserta didik kelas VII MTs. Muhammadiyah Randuagung yaitu kesulitan menyimak peserta didik tidak memperhatikan guru, kesulitan berbicara tidak percaya diri saat presentasi di depan kelas, kesulitan membaca tidak lancar, dan kesulitan menulis tidak rapi dan sulit dibaca orang lain. Kesulitan belajar disebabkan oleh faktor internal yaitu kemauan belajar siswa yang rendah, dan faktor eskternal yaitu kurang perhatian dan dukungan orang tua dalam membimbing proses belajar anaknya. Adanya kesulitan belajar terdapat peran guru yaitu, menjadikan kelas kondusif, mengadakan pertemuan dengan orang tua peserta didik, dan membimbing peserta didik yang mengalami kesulitan membaca dan menulis. Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini adalah terdapat kesulitan belajar menyimak, berbicara, membaca, menulis yang disebabkan oleh faktor internal dan eksternal, dan terdapat peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kesulitan belajar, faktor penyebab kesulitan belajar, peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: Melania Ainun Febriyanti Febriyanti
Date Deposited: 21 Jul 2022 01:28
Last Modified: 21 Jul 2022 01:28
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14138

Actions (login required)

View Item View Item