STRATEGI PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN KEJAHTERAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM BANK SAMPAH LARAHAN MAKMUR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA SUCI KECAMATAN PANTI KABUPATEN JEMBER

Oktafia, Nur Avni (2022) STRATEGI PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN KEJAHTERAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM BANK SAMPAH LARAHAN MAKMUR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA SUCI KECAMATAN PANTI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (612kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (440kB)
[img] Text
3. Bab I.pdf

Download (449kB)
[img] Text
4. Bab II.pdf

Download (529kB)
[img] Text
5. Bab III.pdf

Download (451kB)
[img] Text
6. Bab IV.pdf

Download (592kB)
[img] Text
7. Bab V.pdf

Download (406kB)
[img] Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (428kB)
[img] Text
9. Lampiran.pdf

Download (742kB)
[img] Text
10. Artikel.pdf

Download (583kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan mengenai Strategi Pemerintah Desa Dalam Meningkatkan Kejahteraan Masyarakat Melalui Program Bank Sampah Larahan Makmur Pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Membahas mengenai bagaimana Strategi Pemerintah Desa Suci dan pengurus Bank Sampah Larahan Makmur dalam mengelola sampah agar memiliki nilai ekonomi dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya di masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif, sumber data yang diperoleh dari Pemerintah Desa Suci, Ketua Program Bank Sampah Larahan Makmur, pendiri Bank Sampah Larahan Makmur, nasabah Bank Sampah Larahan Makmur, anggota Pemuda Desa Tangguh Bencana. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari pembahasan mengenai Strategi Pemerintah Desa Suci untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui Program Bank Sampah Larahan Makmur ada beberapa indikator diantaranya, tujuan (purpose), lingkungan (environments), tahap arah (directinons), aksi atau tindakan (actions), pembelajaran (learnings). Dalam Meaksanakan Program Bank Sampah Larahan Makmur untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di masa pandemi Covid-19 di Desa Suci bisa dikatakan berhasil. Hal ini dibuktikan dengan kegiatan masyarakat yang awalnya membuang sampah sembarangan kesungai dan hanya dibakar sekarang lebih memilih untuk menabungkan sampahnya ke Bank Sampah Larahan Makmur. Tentu saja hal ini membawa dampak positif bagi kebersihan lingkungan Desa Suci yang semakin nyaman dan sehat, tetapi masih banyak juga masyarakat yang belum sadar dan berpartisipasi dalam Program Bank Sampah Larahan Makmur. Adanya Program Bank Sampah juga didukung oleh Pemerintah Desa agar seluruh masyarakat Desa Suci dapat merasakan manfaatnya. Aspek lainnya seperti menambah nilai ekonomi masyarakat terkait dampak yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19 juga menjadi kajian dalam Program Bank Sampah Larahan Makmur agar ekonomi dan pendapatan masyarakat dapat terbantu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Strategi Pemerintah Desa, Program Bank Sampah Larahan Makmur, Meningkatkan kesejahteraan Masyarakat, Covid-19.
Subjects: 300 Social Science > 320 Political dan Government Science
Divisions: Faculty of Social and Politics Science > Department of Government Science (S1)
Depositing User: Nur avni Oktafia avni Oktafia
Date Deposited: 25 Jul 2022 01:32
Last Modified: 25 Jul 2022 01:32
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14199

Actions (login required)

View Item View Item