Janiar Nurul, Fitri (2022) Implementasi Kuliah Tujuh Menit (Kultum) Sebagai Penguatan Akhlak Siswa Di SMP Muhammadiyah 01 Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (381kB) |
|
Text
C. BAB I.pdf Download (595kB) |
|
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (830kB) | Request a copy |
|
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (581kB) | Request a copy |
|
Text
H. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) | Request a copy |
|
Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (331kB) |
|
Text
J. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
K. ARTIKEL.pdf Download (145kB) |
Abstract
Kuliah tujuh menit merupakan cara yang dianggap tepat dalam upaya mengubah perilaku siswa yang kurang baik dengan cara penyampaian ceramah yang memiliki bentuk motivasi dan nasihat yang baik kepada orang lain secara singkat, namun mempunyai tujuan dan makna yang mendalam. Kultum ini memiliki dampak positif terhadap akhlak perilaku siswa terutama di sekolah menengah pertama. Dengan materi dalam pelaksanaan kegiatan kultum ini memiliki motivasi terhadap siswa dan mengajak siswa supaya dapat memiliki akhlak perilaku yang baik. Salah satu materi yang dapat memberikan dampak positif dan motivasi bagi siswa yaitu materi yang membahas tentang perilaku dan pebuatan sabar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana Implementasi kultum dalam penguatan akhlak siswa. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yaitu dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, observasi langsung dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini yaitu dalam proses pelaksanaan kultum dalam penguatan akhlak siswa terdapat beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pelaksanaan itu sendiri memiliki beberapa runtutan yaitu, pembukaan yang mana siswa membuka proses pelaksanaan kultum tersebut dengan salam dan doa, kemudian penyampaian materi. selanjutnya yaitu penarikan kesimpulan dari materi yang telah disampaikan oleh pemateri dan yang terakhir yaitu penutup. Dalam proses pelaksanaan kultum ini sangat memiliki pengaruh baik terhadap akhlak perilaku siswa yang mana pada mulanya akhlak perilaku siswa kurang baik seperti kurangnya sopan santun tetapi perubahan akhlak perilaku itu terlihat saat adanya kegiatan rutin kultum. Hal ini membuat efektifnya proses pelaksanaan kultum dalam penguatan akhlak siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kuliah Tujuh Menit, Akhlak | |||||||||
Subjects: | 200 Religious > 201 Religious Mythology | |||||||||
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Janiar Nurul Fitri | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | janiarfitri10@gmial.com | |||||||||
Date Deposited: | 26 Jul 2022 03:54 | |||||||||
Last Modified: | 26 Jul 2022 03:54 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14281 |
Actions (login required)
View Item |