Kemampuan Memahami Kohesi Leksikal dan Kohesi Gramatikal pada Teks Diskusi

Setiawati, Diana (2016) Kemampuan Memahami Kohesi Leksikal dan Kohesi Gramatikal pada Teks Diskusi. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img]
Preview
Text
artikel.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan kohesi leksikal dan kohesi gramatikal pada teks diskusi siswa kelas VIII A SMPN 1 Pujer Bondowoso tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa pada kemampuan memahami kohesi leksikal, terdapat lima siswa yang mendapat kategori baik sekali karena siswa dalam menemukan unsur kohesi leksikal meliputi pengulangan, sinonim, antonim, dan hiponim dengan rinci, cukup lengkap dan jelas, Tujuh siswa mendapatkan kategori cukup karena siswa dalam menemukan unsur kohesi leksikal meliputi pengulangan, sinonim, antonim, dan hiponim dengan rinci, lengkap dan jelas, dan yang mendapatkan kategori kurang lima belas siswa karena siswa dalam menemukan unsur kohesi leksikal meliputi pengulangan, sinonim, antonim, dan hiponim dengan kurang rinci, kurang lengkap dan kurang jelas. Sementara kemamapuan memahami kohesi gramatikal Ada lima siswa yang mendapat kategori cukup karena siswa dalam menemukan unsur kohesi gramatikal meliputi rujukan, substitusi, elipsis dengan rinci, lengkap, dan jelas,dan yang mendapat kategori kurang dua puluh satu siswa karena siswa dalam menemukan unsur kohesi gramatikal meliputi rujukan, substitusi, elipsis tidak rinci, tidak lengkap dan tidak jelas.

Item Type: Article
Additional Information: Diana Setiawati (1210221075)
Uncontrolled Keywords: Kohesi Leksikal, kohesi Gramatikal, teks diskusi
Subjects: 400 Language > 421 Writing System
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 12 Mar 2019 03:57
Last Modified: 12 Mar 2019 03:57
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1443

Actions (login required)

View Item View Item