Analisis Butir Soal Ulangan Tengah Semester (UTS) Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri 2 Panti

Rusmiyanto, Didik (2016) Analisis Butir Soal Ulangan Tengah Semester (UTS) Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri 2 Panti. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
Artikel Pdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
1. cover.pdf

Download (67kB)
[img] Text
6. daftar rujukan.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (58kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
3. matrik.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)

Abstract

Tingkat kesukaran soal adalah pengukuran seberapa besar derajat kesukaran suatu soal. Dikatakan baik karena memiliki tingkat kesukaran yang seimbang. Daya pembeda soal adalah pengukuran sejauh mana suatu soal mampu membedakan peserta didik yang belum atau sudah menguasai kompetensi berdasarkan kriteria tertentu (Arifin, 2014:273). Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah bagaimana tingkat kesukaran soal dan daya beda soal Ulangan Tengah Semester (UTS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kesukaran soal ulangan tengah semester dan mendeskripsikan daya beda soal ulangan tengah semester bahasa indonesia. Hasil analisis data menunjukkan bahwa analisis tingkat kesukaran soal termasuk dalam kriteria seimbang karena tingkat kesukaran yang hampir sama yaitu (30%). Analisis daya pembeda soal menunjukkan bahwa soal tergolong dalam kriteria kurang karena menunjukkan angka yang paling besar yaitu mencapai (64%) dengan kriteria kurang. Simpulan penelitian ini adalah soal Ulangan Tengah Semester di SMP Negeri 2 Panti semester genap tahun ajaran 2015/2016, belum bisa dikatakan layak untuk diujikan kepada siswa-siswi disekolah tersebut karena masih perlu banyak perbaikan lagi dalam menganalisis daya pembeda soal., sedangkan dilihat dari segi menganalisis tingkat kesukaran soal sudah dapat dikatakan layak jika diujikan di sekolah tersebut karena hasil penganalisisan dan perhitungan sudah seimbang dalam menentukan proporsi dari masing-masing kriteria soal baik dalam kriteria sedang, mudah, dan sukar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis tingkat kesukaran soal dan daya beda soal
Subjects: 400 Language > 421 Writing System
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 12 Mar 2019 06:25
Last Modified: 08 Nov 2019 02:07
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1444

Actions (login required)

View Item View Item