PENGETAHUAN LOKAL PETANI TENTANG TANDA-TANDA ALAM UNTUK PENGELOLAAN SAWAH DI DESA CURAH TAKIR KABUPATEN JEMBER SEBAGAI SUMBER BELAJAR

Indah, Rahmawati (2022) PENGETAHUAN LOKAL PETANI TENTANG TANDA-TANDA ALAM UNTUK PENGELOLAAN SAWAH DI DESA CURAH TAKIR KABUPATEN JEMBER SEBAGAI SUMBER BELAJAR. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (600kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (410kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pengetahuan lokal secara universal diartikan sebagai pengetahuan yang digunakan oleh masyarakat lokal untuk bertahan hidup dalam area tertentu. Petani Desa Curah Takir menggunakan pengetahuan lokal tentang tanda-tanda yang diwariskan oleh leluhurnya untuk menentukan awal suatu musim yang akan dijadikan sebagai pedoman dalam pengelolaan sawahnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan petani lokal tentang tanda-tanda Alam di Desa Curah Takir Kabupaten Jember, penerapan tanda-tanda alam dalam pengelolaan sawah, kearifan lokal petani dalam pengelolaan sawah berdasarkan tanda-tanda alam, serta potensi pengetahuan lokal petani dalam membaca tanda-tanda alam sebagai pengembangan sumber belajar siswa SMA/MA pada Mata Pelajaran Biologi. Penelitian dilaksanakan di Desa Curah Takir Kabupaten Jember pada bulan Maret-April 2022. Jenis penelitian deskriptif kualitiatatif dan menggunakan pendekatan etnografi. Pengembangan hasil penelitian ini mengacu pada model R&D (Research and Develoment) dengan metode ADDIE, dan dilakukan modifikasi menjadi Analysis, Design, dan Develoment. Uji kelayakan produk dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Pengetahuan lokal tentang tanda-tanda alam yang dimiliki petani Desa Curah Takir terdapat 9 perilaku hewan, 7 pertanda tumbuhan, 2 pertanda bintang, 1 pertanda awan, dan 2 pertanda posisi matahari. Pengelolaan sawah di desa tersebut berdasarkan musim yang akan terjadi, penentuan awal musim dipercayai petani melalui tanda-tanda alam. Kearifan lokal petani Desa Curah Takir dalam pengelolaan sawah berdasarkan tanda-tanda alam adalah petani yang hanya menanam tanaman yang sesuai dengan musim yang akan terjadi. Sedangkan dalam unsur kepercayaan petani di Desa tersebut melakukan dua kegiatan yaitu Osom dan Sarang. Potensi hasil penelitian pengetahuan lokal petani tentang tanda-tanda alam untuk pengelolaan sawah di Desa Curah Takir sebagai sumber belajar untuk kelas X pada mata pelajaran biologi K13 berupa E-Modul yang disesuaikan dengan KD 3.10 4.10. Berdasarkan hasil uji kelayakan pada ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa memiliki kriteria kelayakan “Sangat Layak” dengan rata-rata presentase 88% sehingga berpotensi sebagai sumber belajar penunjang mata pelajaran biologi SMA/MA kelas X materi ekosistem.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Lokal, Tanda-Tanda Alam, Petani Desa Curah Takir, Sumber Belajar.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology > 577 Ecology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Indah Rahmawati
Date Deposited: 29 Jul 2022 03:53
Last Modified: 29 Jul 2022 03:53
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14523

Actions (login required)

View Item View Item