Setyaningtyas, Rusdiana (2022) (Peer review+Similarity+Dokumen) Strategi Pengelolaan Sistem Penyediaan Air Minum yang Berkelanjutan di Perdesaan. Jurnal Teknik Lingkungan, Indonesia.
Text
09. Artikel Strategi SPAM desa.pdf Download (891kB) |
|
Text
09. Peer review Strategi SPAM.pdf Download (706kB) |
|
Text
09. Turnitin Strategi Pengelolaan SPAM.pdf Download (1MB) |
Abstract
Keberlanjutan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) perdesaan menjadi isu penting pembangunan di Indonesia terkait dengan masih rendahnya akses air yang bersih dan sehat di perdesaan. Rendahnya tingkat pelayanan air minum di perdesaan tidak lepas dari kegagalan pembangunan air minum yang isebabkan belum adanya keberlanjutan sistem penyediaan air minum perdesaan yang dijalankan secara optimal. Seperti yang terjadi desa-desa pasca Pamsimas di Kabupaten Jember. Kondisi ini melatarbelakangi peneliti dalam melakukan kajian untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keberlanjutan pemanfaatan sarana dan prasarana SPAM yang terbangun, khususnya dari program Pamsimas berdasarkan pemenuhan target KPI (Key Performance Indicator), yaitu KPI 3 yang terkait dengan pengelolaan “keberlanjutan penyediaan layanan air minum bagi masyarakat”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keberlanjutan SPAM desa berbasis masyarakat setelah terbangun dan strategi apa yang harus diterapkan untuk menjamin keberlanjutan pengelolaan SPAM tersebut disesuaikan dengan kondisi yang ada di Kabupaten Jember berdasarkan studi kasus di 19 desa pasca Pamsimas TA 2017. Analisis penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif serta analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan pengelolaan SPAM perdesaan di Kabupaten Jember belum optimal dengan pemenuhan target KPI 3 desa pasca Pamsimas TA 2017 masih 78,95% (<90%), skor pembobotan Matriks EFAS dan IFAS (atau Matriks IE) hasil analisis faktor internal dan eksternal adalah (0,30;0,76). Strategi yang tepat untuk menjamin keberlanjutan pengelolaan SPAM perdesaan di Kabupaten Jember adalah strategi SO (Strengths – Opportunities) yakni strategi untuk mencapai tujuan kebijakan dengan memanfaatkan kekuatan dan potensi/peluang yang dimiliki melalui kerjasama dan kemitraan dengan stakeholders (Pemdes, Pemda, Perguruan Tinggi, swasta, perbankan) serta masyarakat penerima manfaat.
Item Type: | Peer Review |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SPAM desa, keberlanjutan, akses air minum layak dan aman, analisis SWOT |
Subjects: | 300 Social Science > 307 Communities 300 Social Science > 360 Social Problems and Services 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 628 Environmental Protection Engineering 600 Technology and Applied Science > 650 Business > 658 General Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1) |
Depositing User: | Rusdiana Setyaningtyas |
Contact Email Address: | rusdiana@unmuhjember.ac.id |
Date Deposited: | 01 Aug 2022 02:09 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 01:29 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14618 |
Actions (login required)
View Item |