IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AL-QUR'AN MELALUI EKSTRAKULIKULER DI SMP MUHAMMADIYAH 3 BANYUWANGI

A’isyah, Baroroh (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AL-QUR'AN MELALUI EKSTRAKULIKULER DI SMP MUHAMMADIYAH 3 BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
a. PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
b. ABSTRAK.pdf

Download (879kB)
[img] Text
c. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
d. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
e. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
f. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
g. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
h. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB) | Request a copy
[img] Text
i. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (723kB)
[img] Text
j. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
k. ARTIKEL.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pola pendidikan yang bersifat formal, dimana anak-anak akan dibekali dengan ilmu pengetahuan, keterampilan dan sosialisasi dengan lingkungan sekolah. Kemudian, proses pembelajaran ekstrakurikuler pendidikan agama merupakan pendalaman, penguatan, pembiasaan serta perluasan dan pengembangan dari kegiatan intrakurikuler yang dilaksanakan dalam bentuk tatap muka atau non tatap muka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kegiatan apa saja yang dilaksanakan di sekolah SMP Muhammadiyaj 3 Banyuwangi untuk menguatkan pemahaman Al-Qur’an khususnya pada siswa kelas VII. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif jenis deskriptif. Data yang digunakan bersifat deskriptif yaitu berupa gejala-gejala yang dapat dikategorikan atau berupa bentuk lainnya seperti berbentuk kata-kata, gambar-gambar, dokumen pada saat proses penelitian di sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah 1. Wawancara, dan 2. Dokumentasi. Kemudian data yang ada dianalisis melalui beberapa tahap, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler BTQ diadakan guna menanamkan karakter disiplin dan tanggung jawab kepada siswa. Siswa yang sedikit demi sedikit bisa membaca Al-Qur’an di sekolah karena lingkungan yang mendukung dan tambahan les mengaji sepulang sekolah. Siswa dan siswi yang mengamalkan pentingnya sopan santun terhadap yang lebih tua. Tolok ukur kesuksesan dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler BTW serta pengimplementasian kandungan Al-Qur’an yang di dalamnya menanamkan karakter disiplin dan tanggung jawab pada siswa ada beberapa faktor yaitu guru menjadi teladan untuk pada anak didiknya, guru membiasakan senyum, salam, dan sapa, guru juga membiasakan shalat dengan tepat waktu, membuang sampah pada tempatnya, hal ini menunjukkan perilaku yang dicontohkan di dalam materi Al-Qur’an baik bermodal dari pembiasaan atau praktik. Adanya contoh dari guru membantu siswa untuk lebih terbiasa dalam melaksanakan dan mengimplementasikan isi kandungan Al-Qur’an, seperti halnya; sholat tepat waktu, dan sopan santun. Pelaksanaan ekstrakulikuler BTQ juga membantu para siswa untuk sedikit demi sedikit dapat lebih lancar dalam membaca Al-Qur’an serta memotivasi mereka untuk lebih rajin dalam mengikuti TPA di lingkungan rumah masing-masing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 100 Philosophy > 101 Theory of Philosophy > 107 Education, Research
200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith > 297.1 Sources of Islam > 297.122 6 Interpretation And Criticism (Al-Quran)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: Aisyah Baroroh
Date Deposited: 05 Aug 2022 06:44
Last Modified: 05 Aug 2022 06:44
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14890

Actions (login required)

View Item View Item