Hubungan Lama Menggunakan Gadget Dengan Ketajaman Penglihatan Pada Anak Usia Sekolah Berbasis Uses And Gratification Theory

Irmansyah, Dicky Tirania (2022) Hubungan Lama Menggunakan Gadget Dengan Ketajaman Penglihatan Pada Anak Usia Sekolah Berbasis Uses And Gratification Theory. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (400kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (496kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf

Download (684kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text
9. BAB VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (463kB)
[img] Text
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penurunan ketajaman fungsi penglihatan atau low vision merupakan abnormalitas akibat gangguan pada sistem visual. Salah satu penyebabnya adalah paparan high energy visible atau heV yang terdapat pada gadget. Mata yang terekspos terlampau lama oleh high energy visible (heV) akan berdampak pada retina. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lama menggunakan gadget dengan ketajaman penglihatan pada anak usia sekolah berbasis Uses and Gratification Theory. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross sectional study yang dilakukan terhadap anak usia sekolah di SDN Mayang 2 Jember dengan melibatkan sebanyak 112 partisipan. Partsipan dipilih secara acak dengan teknik simple random sampling. Data diambil dengan metode observasi dan analisis menggunakan bantuan statistic komputer berupa uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas anak usia sekolah menggunakan gatget lebih dari 2 jam (68,8%) dan sebagian besar menunjukkan tajam penglihatan yang normal (72,3%). Analisis statistic menunjukkan bahwa ada hubungan antara lama menggunakan gadget dengan ketajaman penglihatan pada anak usia sekolah (p-value=0,010) serta diketahui bahwa anak usia sekolah yang menggunakan gadget lebih dari 2 jam berisiko 4 kali mengalami low vision (OR=4,185). Direkomendasikan agar secara rutin dilakukan pemeriksaan visus secara berkala dan bagi orang tua anak disarankan agar secara bijak memberikan batasan penggunaan gadget secara wajar dengan mengajarkan jarak penggunaan yang benar yaitu 30 cm, serta mengistirahatkan mata setiap 30 menit setelah bermain gadged lebih dari 60 menit dan membatasi penggunaan hanya 2 jam sehari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Anak usia sekolah, Gadget, Ketajaman penglihatan, Lama menggunakan, Uses and gratification theory.
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 613 Personal Health, Hygiene
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1)
Depositing User: Dicky Tirania Irmansyah
Date Deposited: 26 Aug 2022 05:59
Last Modified: 26 Aug 2022 05:59
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15232

Actions (login required)

View Item View Item