pemanfaatan jamur entomopatogen metarhizium anisopliae (metsch) sebagai bioinsektisida dalam mengendalikan hama kepik penghisap buah (helopeltis spp) pada kakao (theobromae cacao l).

Ryzaldi, M.Luthfi (2022) pemanfaatan jamur entomopatogen metarhizium anisopliae (metsch) sebagai bioinsektisida dalam mengendalikan hama kepik penghisap buah (helopeltis spp) pada kakao (theobromae cacao l). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (944kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (434kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (597kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (564kB)
[img] Text
INTISARI.pdf

Download (325kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Helopeltis spp merupakan salah satu hama pada kakao yang dapat menyebabkan penurunan produksi pada budidaya kakao. Pengendalian hama ini masih banyak menggunakan pestisida kimiawi, efek dari Penggunaan pestisida berbahan aktif kimiawi sulit terdegradasi menyebabkan berbagai dampak negatif bagi lingkungan seperti hilangnya keragaman hayati, dan berdampak pada hama sasaran yaitu memiliki ketahanan terhadap insektisida (resisten). Untuk itu diperlukan pengendalian yang ramah lingkungan dan aman. Salah satu penggunaan agensia hayati seperti jamur M.anisopliae, yang masih perlu untuk diteliti. Tujuan penelitian ini adalah Untuk Mengetahui larutan bioinsektisida dari jamur Metarhizium anisoplae dapat mengurangi aktivitas makan hama Helopeltis pada buah kakao (Theobroma cacao L) dan Mengetahui efektivitas dari berbagai konsentrasi bioinsektisida dari jamur Metarhizium anisopliae terhadap mortalitas hama Helopeltis pada buah kakao (Theobroma cacao L ). Penelitian ini bertempat di Laboratorium Proteksi Tanaman (Puslitkoka). Percobaan menggunakan Rancangan Acak Lengkap non faktorial yang terdiri dari 6 perlakuan. Setiap unit percobaan terdiri dari 10 ekor instar V sampai Imago Helopeltis spp. Perlakuan terdiri dari K0 (control), K1 (10 g/L), K2 (15g/L), K3 (20 g/L), K4 (25 g/L), dan K5 (1 ml/L) kimiawi sebagai pembanding. Data yang diperoleh di analisis ragamnya (anova) dan di uji lanjut menggunakan BNJ 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bioinsektisida jamur M.anisopliae berpengaruh terhadap peningkatan mortalitas hama Helopeltis spp pada konsentrasi (25 g/L) dengan tingkat mortalitas 97,5 % Bioinsektisida jamur M.anisopliae berpengaruh terhadap penurunan aktivitas makan hama Helopeltis spp terdapat pada konsentrasi (25 g/L) dengan jumlah 140,5 tusukan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: bioinsektisida,Metarhizium anisopliae, helopeltis spp,kakao
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 580 Plants, Botany
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agrotechnology (S1)
Department: S1 Agroteknologi
Depositing User: M.Luthfi Ryzaldi
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorOktarina, OktarinaNidn0001096501
Contact Email Address: aldiryzaldi@gmail.com
Date Deposited: 26 Aug 2022 06:18
Last Modified: 26 Aug 2022 06:18
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15234

Actions (login required)

View Item View Item