(Peer Review + Similarity + Document) Pemanfaatan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Sastra Indonesia Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Kalibaru



Fani Infal Efendi', Ahmat and Dzarna, Dzarna and Susetyo, Agus Milu and OKTARINI, WIDYA (2022) (Peer Review + Similarity + Document) Pemanfaatan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Sastra Indonesia Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Kalibaru. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[thumbnail of Artikel 3 Pemanfaatan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Sastra Indonesia Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Kalibaru] Text (Artikel 3 Pemanfaatan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Sastra Indonesia Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Kalibaru)
Artikel Pemanfaatan E-Learning.pdf - Published Version

Download (507kB)
[thumbnail of Similarity Artikel 3 Pemanfaatan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Sastra Indonesia Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Kalibaru] Text (Similarity Artikel 3 Pemanfaatan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Sastra Indonesia Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Kalibaru)
Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran Sastra Indonesia pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kalibaru (2).pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Peer Review 1 dan 2 Artikel 3 Pemanfaatan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Sastra Indonesia Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Kalibaru] Text (Peer Review 1 dan 2 Artikel 3 Pemanfaatan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Sastra Indonesia Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Kalibaru)
Peer Review Pemanfaatan E-Learning.pdf - Published Version

Download (732kB)
Official URL: https://jptam.org/index.php/jptam/issue/view/22

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi pada proses pembelajaran merupakan bentuk adaptasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dalam pemanfaatan media pembelajaran e• learning sebagai media pembelajaran online pada siswa kelas VIII SMPN 1 Kalibaru. Metode penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan yakni dengan melakukan reduksi data. Kegiatan reduksi data dilakukan peneliti dengan meringkas, memilih topik, memfokuskan data yang penting, serta menghapus data yang tidak dibutuhkan dalam penelitian. Teknik keabsahan data menggunakan uji kredibelitas dengan perpanjangan pengamatan dan meningkatkan kecermatan dalam penelitian. Hasil penelitian ini terdapat perbedaan minat belajar antara kelas (A) yang menggunakan media pembelajaran e-learning dengan kelas (B) tanpa menggunakan e-learning. Kedua kelas tersebut sama-sama memiliki kesadaran dalam meningkatkan minat belajarnya, namun jika menggunakan media pembelajaran e-learning siswa semakin memiliki semangat belajar yang lebih tinggi daripada yang tidak menggunakan e-learning.

[error in script]

Item Type: Peer Review
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of English Literature Education (S1)
Depositing User: Widya Oktarini | widya.oktarini@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2022 06:16
Last Modified: 17 Oct 2022 06:16
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15360

Actions (login required)

View Item View Item