Rancang Bangun Game Edukasi “Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan” Tematik 7 Kelas 5 SD Berbasis Android

Majid, Anjas Gifratul (2022) Rancang Bangun Game Edukasi “Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan” Tematik 7 Kelas 5 SD Berbasis Android. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (668kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (458kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (651kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (939kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (572kB)

Abstract

Dampak dari pembelajaran yang dilakukan secara daring membuat siswa jenuh. Hal serupa dialami oleh siswa kelas 5 SD di SDN Kalisat 01 yang merasa jenuh melakukan kegiatan belajar mengajar khususnya dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Tematik 7). Aplikasi game edukasi “Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan” merupakan aplikasi yang dapat dimainkan pada smartphone android sebagai media pembelajaran siswa dalam mengenal tokoh kebangsaan dan hal lainnya sebelum era kemerdekaan. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan aplikasi permainan yang layak bagi siswa kelas 5 SD berdasarkan aspek functionality, usability, efficiency, dan portability (ISO 9126). Penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Subjek penelitian yang digunakan adalah guru kelas 5 dan siswa kelas 5C SDN Kalisat 01. Berdasarkan prosedur pengujian kelayakan perangkat lunak ISO 9126, total persentase kelayakan perangkat lunak pada pengujian alpa sebesar 89,68%. Pada pengujian beta, total hasil pengujian alpha dan pengujian beta yaitu sebesar 89,72% (sangat layak). Hasil tersebut menjadikan Game Edukasi “Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan” masuk ke dalam kategori (sangat layak) berdasarkan acuan Linear Squential.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Game edukasi, ISO 9126, Tematik 7 Kelas 5 SD, Ilmu Pengetahuan Sosial.
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works > 005 Computer Programming, Programs, & Data
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Depositing User: Anjas Gifratul Majid
Date Deposited: 26 Oct 2022 07:59
Last Modified: 26 Oct 2022 07:59
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15428

Actions (login required)

View Item View Item