Rancang Bangun Game Edukasi “Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan” Tematik 7 Kelas 5 SD Berbasis Android
Majid, Anjas Gifratul (2022) Rancang Bangun Game Edukasi “Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan” Tematik 7 Kelas 5 SD Berbasis Android. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
| ![PENDAHULUAN.pdf [thumbnail of PENDAHULUAN.pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text PENDAHULUAN.pdf Download (668kB) | 
| ![ABSTRAK.pdf [thumbnail of ABSTRAK.pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text ABSTRAK.pdf Download (458kB) | 
| ![BAB I.pdf [thumbnail of BAB I.pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB I.pdf Download (386kB) | 
| ![BAB II.pdf [thumbnail of BAB II.pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (651kB) | Request a copy | 
| ![BAB III.pdf [thumbnail of BAB III.pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (939kB) | Request a copy | 
| ![BAB IV.pdf [thumbnail of BAB IV.pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy | 
| ![BAB V.pdf [thumbnail of BAB V.pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) | Request a copy | 
| ![DAFTAR PUSTAKA.pdf [thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (315kB) | 
| ![LAMPIRAN.pdf [thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy | 
| ![JURNAL.pdf [thumbnail of JURNAL.pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text JURNAL.pdf Download (572kB) | 
Abstract
Dampak dari pembelajaran yang dilakukan secara daring membuat siswa jenuh. Hal serupa dialami oleh siswa kelas 5 SD di SDN Kalisat 01 yang merasa jenuh melakukan kegiatan belajar mengajar khususnya dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Tematik 7). Aplikasi game edukasi “Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan” merupakan aplikasi yang dapat dimainkan pada smartphone android sebagai media pembelajaran siswa dalam mengenal tokoh kebangsaan dan hal lainnya sebelum era kemerdekaan. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan aplikasi permainan yang layak bagi siswa kelas 5 SD berdasarkan aspek functionality, usability, efficiency, dan portability (ISO 9126). Penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Subjek penelitian yang digunakan adalah guru kelas 5 dan siswa kelas 5C SDN Kalisat 01. Berdasarkan prosedur pengujian kelayakan perangkat lunak ISO 9126, total persentase kelayakan perangkat lunak pada pengujian alpa sebesar 89,68%. Pada pengujian beta, total hasil pengujian alpha dan pengujian beta yaitu sebesar 89,72% (sangat layak). Hasil tersebut menjadikan Game Edukasi “Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan” masuk ke dalam kategori (sangat layak) berdasarkan acuan Linear Squential.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingMuharom, Lutfi Alinidn0727108202Dosen PembimbingRahayu, Yeni Dwinidn0716108602
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | 
|---|---|
| Keywords/Kata Kunci: | Game edukasi, ISO 9126, Tematik 7 Kelas 5 SD, Ilmu Pengetahuan Sosial. | 
| Subjects: | 000 Computer Science, Information, & General Works > 005 Computer Programming, Programs, & Data | 
| Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1) | 
| Depositing User: | Anjas Gifratul Majid | majidanjas@gmail.com | 
| Date Deposited: | 26 Oct 2022 07:59 | 
| Last Modified: | 26 Oct 2022 07:59 | 
| URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15428 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
      