ANALISA AERODINAMIKA BODI MOBIL STANDART DAN MODIFIKASI TERHAAP COEFFICIENT DRAG DAN COEFFICIENT LIFT



wardhana, sefyan kusuma aji (2022) ANALISA AERODINAMIKA BODI MOBIL STANDART DAN MODIFIKASI TERHAAP COEFFICIENT DRAG DAN COEFFICIENT LIFT. Undergraduate thesis, universitas muhammadiyah jember.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (610kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (276kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 10. Artikel.pdf] Text
10. Artikel.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peningkatan angka penjualan kendaraan di Indonesia berdamapak pada
kemacetan di jalan dan juga penggunaan bahan bakar minyak. Aerodinamika
merupakan parameter penting dalam produksi transportasi kendaraan. Dengan
menciptakan kendaraan dengan aerodinamika yang baik maka akan berdampak
pada tingkat efisiensi penggunaan bahan bakar minyak. Pada akhir-akhir ini
aerodinamika dalam bentuk pengoptimalan nilai koefisien drag (Cd) dan koefisien
lift (Cl) sangat-sangat diperhatikan dalam bidang mekanika fluida. Banyak upaya
yang telah dilakukan dalam Sektor transportasi untuk meminimalisir penggunaan
bahan bakar. Salah satunya dengan memaksimalkan aerodinamika kendaraan.
Penelitian ini bertujuan menganalisa aerodinimika bodi kendaraan standrat dan
modifikasi terhadap nilia koefisien drag (CD) dan koefisien lift (CL). Model uji
yang di gunakan pada penelitian ini adalah desain kendaraan standarat dan
modifikasi. Simulasi dilakukan dengan menggunakan software ansys workbench.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai koefisien drag dan koefisien lift
bodi standart adalah 0,7644 dan 0,6379. Pada desain modifikasi mendapatkan hasil
0,7590 dan 0,6179.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
mufarida, nely ana
nidn002204771
Dosen Pembimbing
Kosjoko, kosjoko
nidn0715126901

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: aerodinamika, coefficient drag, coefficient lift, cfd
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 621 Applied Physics
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1)
Depositing User: Sefyan kusuma aji wardhana | sefyankusuma666@gmail.com
Date Deposited: 24 Nov 2022 08:29
Last Modified: 24 Nov 2022 08:29
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15534

Actions (login required)

View Item View Item