(Similarity) Hubungan Verbal Abuse dengan Motivasi Belajar pada Anak Usia Sekolah

Putri, Naning Anggraini and Asih, Susi Wahyuning and SURYANINGSIH, YENI (2022) (Similarity) Hubungan Verbal Abuse dengan Motivasi Belajar pada Anak Usia Sekolah. Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
Yeni_Hubungan Verbal Abuse dg Motivasi Belajar Anak.docx.pdf

Download (445kB)

Abstract

Verbal abuse salah satu bentuk tindakan kekerasan berupa ucapan dimana dapat menimbulkan kondisi emosional yang merugikan dan berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak. Kejadian verbal abuse yang dilakukan terus menerus dapat menggangu proses perkembangan otak yang sedang berkembang. Penelitian ini bermaksud untuk melihat adanya hubungan verbal abuse dengan motivasi belajar pada anak usia sekolah di SDN Kemuning Sari Kidul 02 Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Metode: Desain penelitian memakai desain korelasional melalui suatu model cross sectional. Populasi yang digunakan oleh peneliti sebanyak 101 anak dengan sample penelitian 81 anak menggunakan teknik propotional stratified random sampling. Analisis bivariat mengunakan uji korelasi Spearman Rank. Hasil: Hasil penelitian yang diperoleh p value 0,0005<α 0,05 dengan korelasi 0,434 yang berarti penelitian memiliki hubungan sedang antara verbal abuse dengan motivasi belajar anak. Simpulan dan Implikasi: Peran perawat dapat menjadi konselor dan edukator terkait pemahaman terhadap bentuk verbal abuse hingga pencegahan kejadian verbal abuse sehingga diharapkan seorang anak mencapai tahapan perkembangan yang sesuai dengan usianya

Item Type: Peer Review
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 614 Public Preventive Medicine
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1)
Depositing User: Yeni Suryaningsih
Date Deposited: 07 Dec 2022 07:30
Last Modified: 07 Dec 2022 07:30
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15576

Actions (login required)

View Item View Item