Aplikasi Pencarian Ruangan Menggunakan Augmented Reality Di Gedung CC Universitas Muhammadiyah Jember



Putri, Della Hartika (2022) Aplikasi Pencarian Ruangan Menggunakan Augmented Reality Di Gedung CC Universitas Muhammadiyah Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (511kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (848kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (390kB)

Abstract

ABSTRAK
Gedung Cc Universitas Muhammadiyah Jember mempunyai banyak ruangan yang berada dalam daerah yang cukup luas. Selain itu, rute jalan dari gedung Cc menyulitkan seseorang untuk mencapai suatu lokasi atau ruangan, dan Google Maps tidak bekerja dengan baik untuk navigasi dalam ruangan. Augmented Reality merupakan sebuah konsep pelapisan konten visual di atas visualisasi kondisi sebenarnya yang terlihat melalui sebuah kamera. Augmented reality memanipulasi perangkat mobile dengan menampilkan lapisan informasi tambahan secara visual diatas lapisan tampilan layar dalam kondisi sebenarnya dari perangkat kamera sehingga dapat berinteraksi. Dari masalah tersebut, timbul ide untuk membangun aplikasi dengan metode augmented reality menggunakan telepon genggam untuk pencarian lokasi atau ruangan di Gedung Cc Universitas Muhammadiyah Jember. Pengujian fungsionalitas system pada aplikasi yang dibuat ini dengan metode blackbox. Dalam pengujian akurasi digunakan untuk mengetahui apakah metode A* dapat menemukan jalur terpendek melalui Augmented Reality. Sehingga menghasilkan sebuah penelitian bahwa Algoritma A* berhasil diterapkan di aplikasi pencarian jalur terpendek menggunakan sistem operasi IOS atau perangkat Iphone. Dari 3 parameter pengukuran yaitu jarak real dan jarak aplikasi yang diujikan menggunakan kasus 1 dan kasus 2 didapatkan masing-masing hasil 100% dan 90% sedangkan untuk ketepatan penunjuk arah sebesar 100%.
Kata Kunci: Ruangan, Gedung, Mobile, Augmented Reality, Black Box, Algoritma A*.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Nilogiri, Agung
0030037701
Dosen Pembimbing
Timur, Taufiq
0705078006

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Ruangan, Gedung, Mobile, Augmented Reality, Black Box, Algoritma A*.
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works > 005 Computer Programming, Programs, & Data
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Depositing User: Della Hartika Putri | dellahartikaputrii@gmail.com
Date Deposited: 08 Dec 2022 03:57
Last Modified: 08 Dec 2022 03:57
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15611

Actions (login required)

View Item View Item