Putri, Della Hartika (2022) Aplikasi Pencarian Ruangan Menggunakan Augmented Reality Di Gedung CC Universitas Muhammadiyah Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (511kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (186kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (199kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (848kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (390kB) |
Abstract
ABSTRAK Gedung Cc Universitas Muhammadiyah Jember mempunyai banyak ruangan yang berada dalam daerah yang cukup luas. Selain itu, rute jalan dari gedung Cc menyulitkan seseorang untuk mencapai suatu lokasi atau ruangan, dan Google Maps tidak bekerja dengan baik untuk navigasi dalam ruangan. Augmented Reality merupakan sebuah konsep pelapisan konten visual di atas visualisasi kondisi sebenarnya yang terlihat melalui sebuah kamera. Augmented reality memanipulasi perangkat mobile dengan menampilkan lapisan informasi tambahan secara visual diatas lapisan tampilan layar dalam kondisi sebenarnya dari perangkat kamera sehingga dapat berinteraksi. Dari masalah tersebut, timbul ide untuk membangun aplikasi dengan metode augmented reality menggunakan telepon genggam untuk pencarian lokasi atau ruangan di Gedung Cc Universitas Muhammadiyah Jember. Pengujian fungsionalitas system pada aplikasi yang dibuat ini dengan metode blackbox. Dalam pengujian akurasi digunakan untuk mengetahui apakah metode A* dapat menemukan jalur terpendek melalui Augmented Reality. Sehingga menghasilkan sebuah penelitian bahwa Algoritma A* berhasil diterapkan di aplikasi pencarian jalur terpendek menggunakan sistem operasi IOS atau perangkat Iphone. Dari 3 parameter pengukuran yaitu jarak real dan jarak aplikasi yang diujikan menggunakan kasus 1 dan kasus 2 didapatkan masing-masing hasil 100% dan 90% sedangkan untuk ketepatan penunjuk arah sebesar 100%. Kata Kunci: Ruangan, Gedung, Mobile, Augmented Reality, Black Box, Algoritma A*.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ruangan, Gedung, Mobile, Augmented Reality, Black Box, Algoritma A*. | |||||||||
Subjects: | 000 Computer Science, Information, & General Works > 005 Computer Programming, Programs, & Data | |||||||||
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1) | |||||||||
Department: | S1 Teknik Informatika | |||||||||
Depositing User: | Della Hartika Putri | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | dellahartikaputrii@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 08 Dec 2022 03:57 | |||||||||
Last Modified: | 08 Dec 2022 03:57 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15611 |
Actions (login required)
View Item |