(Similarity) Pengaruh Rendam Kaki Menggunakan Air Garam terhadap Penurunan Tekanan Darah Penderita Hipertensi pada Lansia di UPT Pelayanan Sosial Tresna Werdha Jember.

Irawan, Dedy and Asmuji, Asmuji and Yulis, Zuhrotul Eka (2022) (Similarity) Pengaruh Rendam Kaki Menggunakan Air Garam terhadap Penurunan Tekanan Darah Penderita Hipertensi pada Lansia di UPT Pelayanan Sosial Tresna Werdha Jember. Jurnal keperawatan Aisyiyah.

[img] Text
Jurnal Rendam Kaki.pdf

Download (384kB)

Abstract

Hipertensi adalah sebagai peningkatan tekanan darah sistolik sedikitnya 140 mmHg atau tekanan diastolik sedikitnya 90 mmHg. Hipertensi tidak hanya beresiko tinggi menderita penyakit jantung, tetapi juga menderita penyakit lain seperti penyakit syaraf, ginjal, dan semakin tinggi tekanan darah semakin tinggi pula risikonya. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi pengaruh rendam kaki menggunakan air garam terhadap penurunan tekanan darah penderita hipertensi pada lansia di UPT Pelayanan Sosial Tresna Werdha Jember. Penelitian quasi experiment dengan pendekatan pretest – posttest control group design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan total sampling. Jumlah responden sebanyak 30 lansia yang dibagi menjadi 2 kelompok. Uji statistik yang digunakan adalah uji dependen t-test. Dari hasil uji dependen t-test didapatkan tekanan darah sistolik pvalue= 0.000; α = 0.05 dan tekanan darah diastolik pvalue= 0.000; α = 0.05 artinya ada pengaruh pemberian rendam kaki air garam terhadap penurunan tekanan darah pada lansia dengan hipertensi di UPT Pelayanan Sosial Tresna Werdha Jember. Berdasarkan hasil penelitian ini, Pemberian rendam kaki menggunakan air garam dapat dijadikan terapi alternatif untuk penderita hipertensi pada lansia karena harganya yang murah, mudah, dan praktis dalam menurunkan tekanan darah, sehingga mudah dilakukan sendiri dirumah tanpa bantuan orang lain.

Item Type: Peer Review
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 614 Public Preventive Medicine
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1)
Depositing User: Zuhrotul Eka Yulis Anggraeni
Date Deposited: 16 Jan 2023 02:11
Last Modified: 16 Jan 2023 02:11
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15968

Actions (login required)

View Item View Item