ANALISIS KESALAHAN SISWA SD DALAM MEMECAHKAN MASALAH PECAHAN

Kusuma, Visi Budi and Galatea, Chusnul Khotimah and Fatqurhohman, Fatqurhohman (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA SD DALAM MEMECAHKAN MASALAH PECAHAN. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UMT 2022.

[img] Text
Plag Analisis kesalahan visi chusnul 2 prosiding.pdf.pdf

Download (316kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah pecahan. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan empat metode pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, tes tertulis, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas empat yang memiliki jenis kesalahan yang berbeda. Selanjutnya, uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber. Pada penelitian ini, kesalahan siswa dikelompokkan berdasarkan kategori kesalahan Newman. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa setiap subjek penelitian melakukan kesalahan awal yang berbeda-beda. Kesalahan awal yang dilakukan subjek penelitian menyebabkan terjadinya kesalahan berikutnya pada tahapan kesalahan menurut Newman. Adapun kesalahan yang banyak dilakukan oleh siswa yaitu kesalahan dalam mentransformasikan masalah dan kesalahan dalam keterampilan proses.

Item Type: Peer Review
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Chusnul Khotimah Galatea
Date Deposited: 24 Jan 2023 01:31
Last Modified: 24 Jan 2023 01:31
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/16081

Actions (login required)

View Item View Item