ANALISIS KESALAHAN SISWA SD DALAM MEMECAHKAN MASALAH PECAHAN
Kusuma, Visi Budi and Galatea, Chusnul Khotimah and Fatqurhohman, Fatqurhohman (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA SD DALAM MEMECAHKAN MASALAH PECAHAN. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UMT 2022.
![]() |
Text
Plag Analisis kesalahan visi chusnul 2 prosiding.pdf.pdf Download (316kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah pecahan. Jenis
penelitian ini ialah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan empat metode pengumpulan data, yaitu
observasi, wawancara, tes tertulis, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas empat yang memiliki
jenis kesalahan yang berbeda. Selanjutnya, uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber. Pada
penelitian ini, kesalahan siswa dikelompokkan berdasarkan kategori kesalahan Newman. Berdasarkan hasil
penelitian diperoleh bahwa setiap subjek penelitian melakukan kesalahan awal yang berbeda-beda. Kesalahan
awal yang dilakukan subjek penelitian menyebabkan terjadinya kesalahan berikutnya pada tahapan kesalahan
menurut Newman. Adapun kesalahan yang banyak dilakukan oleh siswa yaitu kesalahan dalam
mentransformasikan masalah dan kesalahan dalam keterampilan proses.
[error in script]
Item Type: | Peer Review |
---|---|
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) |
Depositing User: | Chusnul Khotimah Galatea | chusnulkhotimah@unmuhjember.ac.id |
Date Deposited: | 24 Jan 2023 01:31 |
Last Modified: | 24 Jan 2023 01:31 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/16081 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |