Proses Berpikir Siswa Ketika Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Sikap Siswa
Hana Puspita Eka Firdaus, Firdaus (2022) Proses Berpikir Siswa Ketika Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Sikap Siswa. Universitas PGRI Madiun, JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), 10(2), 2022.

![]() |
Text
5. JEMS-Hana-2022.pdf.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses
berpikir siswa SMP Kelas VIII dalam memecahkan masalah
matematika berdasarkan sikap siswa pada permasalahan
matematika. Jenis penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kuesioner, soal tes, dan pedoman wawancara. Subjek
penelitian adalah enam siswa yaitu 2 siswa yang memiliki
sikap matematika tinggi, 2 siswa yang memiliki sikap
matematika sedang, dan 2 siswa yang memiliki sikap
matematika rendah. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini
menunjukkan bahwa siswa dengan sikap matematika tinggi
cenderung memiliki proses berpikir konseptual. Siswa
dengan sikap matematika sedang cenderung memiliki proses
berpikir semikonseptual. Siswa dengan sikap matematika
rendah cenderung memiliki proses berpikir komputasional.
[error in script]
Item Type: | Peer Review |
---|---|
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) |
Depositing User: | Hana Puspita Eka Firdaus | hanapuspita@unmuhjember.ac.id |
Date Deposited: | 10 Apr 2023 01:16 |
Last Modified: | 10 Apr 2023 01:16 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/16102 |
Available Versions of this Item
- Proses Berpikir Siswa Ketika Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Sikap Siswa. (deposited 10 Apr 2023 01:16) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |