Proses Berpikir Siswa Ketika Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Sikap Siswa



Hana Puspita Eka Firdaus, Firdaus (2022) Proses Berpikir Siswa Ketika Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Sikap Siswa. Universitas PGRI Madiun, JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), 10(2), 2022.

Warning
There is a more recent version of this item available.
[thumbnail of 5. JEMS-Hana-2022.pdf.pdf] Text
5. JEMS-Hana-2022.pdf.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JEMS/about

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses
berpikir siswa SMP Kelas VIII dalam memecahkan masalah
matematika berdasarkan sikap siswa pada permasalahan
matematika. Jenis penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kuesioner, soal tes, dan pedoman wawancara. Subjek
penelitian adalah enam siswa yaitu 2 siswa yang memiliki
sikap matematika tinggi, 2 siswa yang memiliki sikap
matematika sedang, dan 2 siswa yang memiliki sikap
matematika rendah. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini
menunjukkan bahwa siswa dengan sikap matematika tinggi
cenderung memiliki proses berpikir konseptual. Siswa
dengan sikap matematika sedang cenderung memiliki proses
berpikir semikonseptual. Siswa dengan sikap matematika
rendah cenderung memiliki proses berpikir komputasional.

[error in script]

Item Type: Peer Review
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Hana Puspita Eka Firdaus | hanapuspita@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 10 Apr 2023 01:16
Last Modified: 10 Apr 2023 01:16
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/16102

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item