(Similarity) Kajian Evaluasi Sistem Drainase Perkotaan (Studi Kasus : Dusun Krajan, Kelurahan Ambulu, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember)

Rizal, Nanang Saiful (2023) (Similarity) Kajian Evaluasi Sistem Drainase Perkotaan (Studi Kasus : Dusun Krajan, Kelurahan Ambulu, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember). Smart Teknologi, Indonesia.

[img] Text
27. Similarity Arsida Maryama.pdf.pdf

Download (678kB)

Abstract

Drainase adalah lengkungan atau saluran air di permukaan atau di bawah tanah, baik yang terbentuk secara alami maupun dibuat manusia. Dalam bahasa Indonesia, drainase bisa merujuk pada parit di permukaan tanah atau gorong – gorong dibawah tanah. Drainase berperan penting untuk mengatur suplai air demi pencegahan banjir. Drainase mempunyai arti mengalirkan, menguras, membuang, atau mengalihkan air. Di Dusun Krajan, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember lebih tepatnya Jl A Yani sering terjadi banjir yang dapat mengganggu pengguna jalan. Tujuan penelitian adalah untuk mengevaluasisistem drainase yang berada pada Jalan A Yani. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dari 43 jumlah saluran yang berada pada kriteria baik hanya 10 saluran saja dengan menggunakan kala ulang 2 tahun dan penampang saluran tidak dapat menampung debit. Sehingga tinggi air melebihi penampang eksisiting yang dianalisa menggunakan aplikasi HEC-RAS. Dengan bobot nilai kinerja sistem drainase untuk eksisiting sebesar 23,3 %. Kata Kunci: Drainase, saluran, penampang, debit.

Item Type: Peer Review
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1)
Depositing User: Nanang Saiful Rizal
Contact Email Address: nanangsaifulrizal@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 26 Jan 2023 01:08
Last Modified: 26 Jan 2023 01:08
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/16142

Actions (login required)

View Item View Item