PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI, DAN CITRA RUMAH SAKIT TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI MELALUI KEPUASAN SEBAGAI VARIABELINTERVENING PADA RUMAH SAKIT PARU JEMBER
Rahayu, Udiyana (2023) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI, DAN CITRA RUMAH SAKIT TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI MELALUI KEPUASAN SEBAGAI VARIABELINTERVENING PADA RUMAH SAKIT PARU JEMBER. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (685kB) |
![]() |
Text
C. BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (810kB) | Request a copy |
![]() |
Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (957kB) |
![]() |
Text
I. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
J. ARTIKEL.pdf Download (1MB) |
Abstract
Rumah Sakit Paru Jember adalah rumah sakit Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam kurun
waktu 2019-2022 mengalami penurunan jumlah kunjungan kembali dan mengalami fluktuasi
pada indeks kepuasan pelayanan, hal ini menjadi permasalahan bagi Rumah Sakit Paru Jember.
Tujuan penelitian ini untuk melakukan pengujian dan analisis pengaruh kualitas pelayanan,
promosi, dan citra rumah sakit terhadap minat berkunjung kembali melalui kepuasan sebagai
variabel Intervening pada Rumah Sakit Paru Jember. Adapun populasi dalam penelitian ini
adalah pasien Rumah Sakit Paru Jember baik Rawat Inap maupun Rawat Jalan th 2019-2022,
Teknik pengambilan sampel dengan teknik Non-probability sampling ditentukan terlebih
dahulu purposive sampling selanjutnya ditentukan jumlah sampel dengan teori Hair et al,
(2020) atau Ferdinand, (2014) didapatkan hasil 100 sampel, kemudian dilakukan perhitungan
proposional sampling karena terdapat Rawat Inap sebanyak 32 Sampel dan Rawat Jalan
sebanyak 68 Sampel. Teknik analisis yang digunakan adalah Stuctural Equation Model (SEM)
yang diolah dengan Aplikasi WarpPLS7.0. Hasil penelitian menunjukkan Direct Effect kualitas
pelayanan dan citra rumah sakit secara langsung berpengaruh terhadap kepuasan, namun
promosi tidak berpengaruh terhadap kepuasan, selanjutnya kualitas pelayanan, promosi, citra
rumah sakit, dan kepuasan berpengaruh terhadap minat berkunjung kembali. Selanjutnya hasil
Indirect Effet menunjukkan adanya pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat berkunjung
kembali melalui kepuasan, namun hasil pengujian menyatakan tidak adanya pengaruh promosi
dan citra rumah sakit terhadap minat berkunjung kembali melalui kepuasan sebagai variabel
intervening. Sehingga dari sepuluh hipotesis terdapat tiga hipotesis ditolak dan tujuh hipotesis
diterima. Secara keseluruhan yang paling berpengaruh terhadap kepuasan dan minat
berkunjung kembali adalah kualitas pelayanan.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Promosi, Citra, Kepuasan, Minat Bekunjung Kembali
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingMartini, Ni Nyoman PutuNIDN0708036701Dosen PembimbingSusbiyani, ArikNIDN0728117101
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Kualitas Pelayanan, Promosi, Citra, Kepuasan, Minat Bekunjung Kembali |
Subjects: | 300 Social Science > 330 Economics > 333 Economic of Land and Energy |
Divisions: | Graduate School > Magister Management (S2) |
Depositing User: | Udiyana Rahayu | udiyana.rahayu@gmail.com |
Date Deposited: | 15 Feb 2023 03:22 |
Last Modified: | 15 Feb 2023 03:22 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/16410 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |