PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI, DAN CITRA RUMAH SAKIT TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI MELALUI KEPUASAN SEBAGAI VARIABELINTERVENING PADA RUMAH SAKIT PARU JEMBER



Rahayu, Udiyana (2023) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI, DAN CITRA RUMAH SAKIT TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI MELALUI KEPUASAN SEBAGAI VARIABELINTERVENING PADA RUMAH SAKIT PARU JEMBER. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of A. PENDAHULUAN.pdf] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of B. ABSTRAK.pdf] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (685kB)
[thumbnail of C. BAB I.pdf] Text
C. BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of D. BAB II.pdf] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of E. BAB III.pdf] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of F. BAB IV.pdf] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of G. BAB V.pdf] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (810kB) | Request a copy
[thumbnail of H. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (957kB)
[thumbnail of I. LAMPIRAN.pdf] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of J. ARTIKEL.pdf] Text
J. ARTIKEL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rumah Sakit Paru Jember adalah rumah sakit Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam kurun
waktu 2019-2022 mengalami penurunan jumlah kunjungan kembali dan mengalami fluktuasi
pada indeks kepuasan pelayanan, hal ini menjadi permasalahan bagi Rumah Sakit Paru Jember.
Tujuan penelitian ini untuk melakukan pengujian dan analisis pengaruh kualitas pelayanan,
promosi, dan citra rumah sakit terhadap minat berkunjung kembali melalui kepuasan sebagai
variabel Intervening pada Rumah Sakit Paru Jember. Adapun populasi dalam penelitian ini
adalah pasien Rumah Sakit Paru Jember baik Rawat Inap maupun Rawat Jalan th 2019-2022,
Teknik pengambilan sampel dengan teknik Non-probability sampling ditentukan terlebih
dahulu purposive sampling selanjutnya ditentukan jumlah sampel dengan teori Hair et al,
(2020) atau Ferdinand, (2014) didapatkan hasil 100 sampel, kemudian dilakukan perhitungan
proposional sampling karena terdapat Rawat Inap sebanyak 32 Sampel dan Rawat Jalan
sebanyak 68 Sampel. Teknik analisis yang digunakan adalah Stuctural Equation Model (SEM)
yang diolah dengan Aplikasi WarpPLS7.0. Hasil penelitian menunjukkan Direct Effect kualitas
pelayanan dan citra rumah sakit secara langsung berpengaruh terhadap kepuasan, namun
promosi tidak berpengaruh terhadap kepuasan, selanjutnya kualitas pelayanan, promosi, citra
rumah sakit, dan kepuasan berpengaruh terhadap minat berkunjung kembali. Selanjutnya hasil
Indirect Effet menunjukkan adanya pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat berkunjung
kembali melalui kepuasan, namun hasil pengujian menyatakan tidak adanya pengaruh promosi
dan citra rumah sakit terhadap minat berkunjung kembali melalui kepuasan sebagai variabel
intervening. Sehingga dari sepuluh hipotesis terdapat tiga hipotesis ditolak dan tujuh hipotesis
diterima. Secara keseluruhan yang paling berpengaruh terhadap kepuasan dan minat
berkunjung kembali adalah kualitas pelayanan.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Promosi, Citra, Kepuasan, Minat Bekunjung Kembali

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Martini, Ni Nyoman Putu
NIDN0708036701
Dosen Pembimbing
Susbiyani, Arik
NIDN0728117101

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords/Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Promosi, Citra, Kepuasan, Minat Bekunjung Kembali
Subjects: 300 Social Science > 330 Economics > 333 Economic of Land and Energy
Divisions: Graduate School > Magister Management (S2)
Depositing User: Udiyana Rahayu | udiyana.rahayu@gmail.com
Date Deposited: 15 Feb 2023 03:22
Last Modified: 15 Feb 2023 03:22
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/16410

Actions (login required)

View Item View Item