PENGEMBANGAN APLIKASI MANAJEMEN TUGAS BERBASIS LEARNING MODEL SYSTEM (LMS) MOODLE TERHADAP HASIL BELAHAR DI SMP NEGERI 1 AJUNG KABUPATEN JEMBER

HASIANTO, ARDI FEBI (2023) PENGEMBANGAN APLIKASI MANAJEMEN TUGAS BERBASIS LEARNING MODEL SYSTEM (LMS) MOODLE TERHADAP HASIL BELAHAR DI SMP NEGERI 1 AJUNG KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
a. PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
b. ABSTRAK.pdf

Download (391kB)
[img] Text
c. BAB 1.pdf

Download (517kB)
[img] Text
d. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
e. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
f. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
g. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text
h. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (931kB)
[img] Text
i. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi sangat pesat di era reformasi industri 4.0. No Peraturan Pemerintah Selain itu, pembuatan sistem informasi pendidikan berbasis teknologi dan informasi disebutkan dalam pasal 48 dan 59 tahun 2010. Perangkat lunak yang dikenal sebagai sistem manajemen pembelajaran, atau LMS, mampu memvirtualisasikan proses belajar mengajar di kelas atau program pelatihan Moodle yang dikembangkan oleh Martin Dougiamas, sesuai dengan Prakoso (dalam Wulandari, 2008), merupakan perangkat lunak yang berguna untuk membuat dan menyelenggarakan kursus, pelatihan, dan pendidikan secara online. Moodle digunakan untuk membuat sistem dan prosedur pembelajaran berbasis komputer dan gadget. Dengan menggunakan jaringan internet, Anda dapat mengakses hasil pengembangan Moodle. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswa SMPN 1 Ajung Jember Tahun Ajaran 2022/2023 sejumlah 680 orang. Bahwa E-learning berbasis moodle sebagai alternatif media pembelajaran berbasis internet di SMP Negeri 1 Ajung sudah baik dan layak digunakan. Dilihat dari aspek desain pembelajaran, menurut guru dan siswa secara keseluruhan dihasilkan sebesar 89% dari guru dan 82,13% dari siswa. Aspek komunikasi visual, 87,35% dari guru dan 80,3% dari siswa. Menurut penilaian dari ahli, e-learning ini sudah layak digunakan dan ahli menyarankan agar pengurangan bentuk animasi tambahan di halaman depan portal e-learning karena dinilai mengganggu, kemudian ahli juga menyarankan pada pengeditan pada topik materi pembelajaran yang nantinya akan diberikan kepada siswa. Produk e-learning ini dikatakan layak, karena sesuai dengan teori yang telah dikemukakan dan kerangka berfikir yang ada yaitu dari mulai desain pengembangan, produksi, sampai tahap uji coba.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media E- Learning, LMS Moodle, Hasil Belajar
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works > 004 Data Processing, Computer Science
000 Computer Science, Information, & General Works > 005 Computer Programming, Programs, & Data
600 Technology and Applied Science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Depositing User: ARDI FEBI HASIANTO
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:16
Last Modified: 09 Mar 2023 07:16
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/16576

Actions (login required)

View Item View Item