(Similarity) Management of the Al Barqi Qur'an Learning Method at Darul Khair Foundation, Biting, Jember

Mahfuda, Ahmad Nur (2023) (Similarity) Management of the Al Barqi Qur'an Learning Method at Darul Khair Foundation, Biting, Jember. Journal of Islamic Education Research, Jember.

[img] Text
Management of the Al Barqi Qur'an Learning Method at Darul Khair Foundation, Biting, Jember.pdf

Download (711kB)

Abstract

Manajemen Pembelajaran Qur’an Metode Al Barqi merupakan media Pembelajaran Qur’an yang lebih baik di Yayasan Darul Khair dan masyarakat sekitar biting Kab. Jember sehingga kualitas pembelajaran santri tentang kemudahan baca Qur’an. Metode Pelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya dengan diskriptif kualitatif. Pengumpulan Data menggunakan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan data dan kesimpulan data. Metodologi penelitian untuk menguji keabsahan data dengan trigulasi data. Hasil penelitiannya pertama, Manajemen Pembelajaran Qur’an di Yayasan Darul Khair menggunakan Metode eL Barqi penerapan pengenalan huruf dengan kata kunci terhimpun dalam kalimat yaitu: Ada Raja, Maha Kaya, Katawana, sama laba. Sistem 8 Jam yaitu belajar membaca Al Qur’an dengan Mudah, Cepat dan Anti Lupa. Kelebihannya metode al Barqy dengan pola huruf kata kunci 16 huruf dan Huruf tranfer. Pembelajaran Metode Al Barqy menggunakan Buku Panduan yang telah ditulis oleh lembaga atau KH. Muhadjir Sulthon dan M. Romzul Islam Edisi Revisi. Faktor pendukung dalam proses pembejaran terlibatnya Santri sudah mengenal huruf Qur’an, Media Berupa Modul Al Barqy dan Al Qur’an, Guru Ngaji atau Ustad dan Kurikulum Pendidikan Qur’an.

Item Type: Peer Review
Subjects: 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (S1)
Depositing User: Mahfuda Ahmad Nur
Date Deposited: 05 Apr 2023 06:13
Last Modified: 05 Apr 2023 06:13
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/16789

Actions (login required)

View Item View Item