Analisis Harga Pokok Produksi Berdasarkan Metode Full Costing Sebagai Dasar Penentuan Harga Jual (Studi Kasus Pada Jannah Bakery Jember )

Risdiani, Ratna (2016) Analisis Harga Pokok Produksi Berdasarkan Metode Full Costing Sebagai Dasar Penentuan Harga Jual (Studi Kasus Pada Jannah Bakery Jember ). Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img]
Preview
Text
JURNAL PDF.pdf - Published Version

Download (699kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui cara menentukan harga pokok produksi roti tahun 2016 di Perusahaan Jannah Bakery Jember. Metode analisis data yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan cara mengidentifikasikan laporan-laporan yang diberikan perusahaan. Langkah- langkah analisa kualitatif adalah 1) peramalan volume penjualan tiap jenis-jenis produk untuk periode yang akan datang 2) menghitung persediaan akhir 3) menentukan anggaran produksi 4) menentukan biaya produksi penjualan. Dalam penelitian ini, Jannah Bakery Jember telah melakukan perhitungan biaya produksi. Tetapi, perhitungan yang dilakukan dalam Jannah Bakery Jember belum tepat karena masih menggunakan perhitungan dengan metode yang sangat sederhana. Perhitungan yang dilakukan oleh Jannah Bakery Jember, belum menghitung secara terperinci biaya-biaya yang dikeluarkan selama proses produksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara perhitungan harga pokok produksi yang dilakukan oleh Jannah Bakery Jember selama ini dengan perhitungan menggunakan metode Full Costing dan pengaruhnya terhadap harga jual. Hasil perhitungan menunjukan bahwa dari perhitungan harga pokok produksi dengan metode Full Costing, apabila dibandingkan dengan harga pokok produksi yang digunakan dengan metode pada Pabrik memberikan hasil yang berbeda yaitu lebih besar menggunakan metode Full Costing. Hal ini disebabkan karena perhitungan yang dilakukan pabrik belum tepat dalam membebankan biaya overhead pabrik ke setiap produknya.

Item Type: Article
Additional Information: Ratna Risdiani (1210421102)
Uncontrolled Keywords: Metode Full Costing, Harga Pokok Produksi, Harga Jual
Subjects: 300 Social Science > 330 Economics
300 Social Science > 330 Economics > 338 Production, Industrial Economics
600 Technology and Applied Science > 650 Business > 657 Accounting
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting
Depositing User: Berlian Eka Kurnia
Date Deposited: 21 May 2018 02:02
Last Modified: 21 May 2018 02:02
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/168

Actions (login required)

View Item View Item