(Similarity + Dokumen) Proses Berpikir Siswa Ketika Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Sikap Siswa

Hana Puspita Eka Firdaus, Firdaus (2022) (Similarity + Dokumen) Proses Berpikir Siswa Ketika Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Sikap Siswa. Universitas PGRI Madiun, JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), 10(2), 2022.

This is the latest version of this item.

[img] Text
5. Turn.JEMS-Hana-2022.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. JEMS-Hana-2022.pdf

Download (997kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa SMP Kelas VIII dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan sikap siswa pada permasalahan matematika. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, soal tes, dan pedoman wawancara. Subjek penelitian adalah enam siswa yaitu 2 siswa yang memiliki sikap matematika tinggi, 2 siswa yang memiliki sikap matematika sedang, dan 2 siswa yang memiliki sikap matematika rendah. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan sikap matematika tinggi cenderung memiliki proses berpikir konseptual. Siswa dengan sikap matematika sedang cenderung memiliki proses berpikir semikonseptual. Siswa dengan sikap matematika rendah cenderung memiliki proses berpikir komputasional.

Item Type: Peer Review
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Hana Puspita Eka Firdaus
Date Deposited: 12 Apr 2023 02:02
Last Modified: 12 Apr 2023 02:02
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/16822

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item