(Similarity) Guru Profesional: Mengintegrasikan Informations And Communication Technologies (ICT) dalam Pembelajaran PAUD

Misyana, Misyana and Sumantri, Mohamad Syarif and Dhieni, Nurbiana (2021) (Similarity) Guru Profesional: Mengintegrasikan Informations And Communication Technologies (ICT) dalam Pembelajaran PAUD. Jurnal Obsesi.

[img] Text
Jurnal Guru profesional 13%.pdf

Download (326kB)

Abstract

Bukan hanya karena masa pandemi pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) dipergunakan dalam proses pembelajaran oleh, tetapi sebuah keniscayaan yang harus dilakukan pada masa pembelajaran abad 21. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendapatkan informasi bagaimana guru profesional dalam melakukan proses pembelajaran dapat mengintegrasikan ICT pada komponen langkah-langkah pembelajaran dalam rancangan pembelajarannya. Jenis penelitian dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Dimana pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan dokumentasi dan observasi. Wawancara dilakukan pada 10 guru yang sudah tersertifikasi PAUD, menunjukkan bahwa guru yang mengintegrasikan ICT dalam komponen RPP terdapat pada rumusan tujuan pembelajaran. Pada pelaksanaan pembelajaran terdapat media pembelajaran atau sumber belajar berunsur ICT, seperti vidio pembelajaran ataupun teknologi sederhana saat peserta didik melakukan kegitan bermainnya. Walaupun tidak semua yang sudah tersertifikasi dapat melakukan kegiatan mengintegrasikan ICT tersebut dalam rencana pelaksanaan pembelajaran dikarenakan faktor usia yang mereka sebutkan gaptek (gagap teknologi).

Item Type: Peer Review
Uncontrolled Keywords: guru profesional; ict; paud
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1)
Depositing User: Misyana Misyana
Date Deposited: 12 May 2023 06:03
Last Modified: 12 May 2023 06:03
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/16944

Actions (login required)

View Item View Item