(SIMILARITY + DOCUMENT) RESPONS TANAMAN PADI (Oryza Sativa L.) TERHADAP BERBAGAI MEDIA TANAM DAN SUMBER NUTRISI PADA SISTEM TANAM HIDROPONIK VERTIKULTUR BOKAS

UMARIE, ISKANDAR and Hazmi, Muhammad and Muhaimin2, Moh. (2019) (SIMILARITY + DOCUMENT) RESPONS TANAMAN PADI (Oryza Sativa L.) TERHADAP BERBAGAI MEDIA TANAM DAN SUMBER NUTRISI PADA SISTEM TANAM HIDROPONIK VERTIKULTUR BOKAS. Agritrop, Indonesia.

[img] Text
Daftar Isi dan Naskah.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Turnitin RESPONS TANAMAN PADI (Oryza Sativa L.) TERHADAP BERBAGAI MEDIA TANAM DAN SUMBER NUTRI.pdf

Download (910kB)
[img] Text
vol 17 no 1 2019 1.pdf

Download (867kB)
[img] Text
vol 17 no 1 2019 2.pdf

Download (798kB)

Abstract

Budidaya padi pada sistem hidroponik menjadi alternatif untuk memanfaakan lahan yang sempit. Namun perlu diketahui respons tanaman padi terhadap bebagai media tanam dan sumber nutrisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respons tanaman padi (Oryza sativa L.) terhadap berbagai media tanam dan sumber nutrisi pada sistem tanam hidroponik vertikultur bokas. Percobaan disusun dalam rancangan petak terbagi dengan tiga kali ulangan dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL). Perlakuan pada petak utama yaitu Nutrisi AB mix, POC, dan NPK, sedangkan pada anak petak yaitu media tanam Arang Sekam, Batu Bata, dan Serbuk Gergaji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan nutrisi berbeda nyata terhadap parameter tinggi tanaman umur 15, 30 dan 60 hst, sedangkan pada umur 45 hst tidak berbeda nyata. Pertambahan jumlah anakan per rumpun pada semua umur tanaman tidak berbeda nyata. Lebar daun umur 60 hst berbeda nyata, sedangkan pada umur 15, 30 dan 45 hst tidak berbeda nyata. Pada pengamatan umur panen, berat gabah per rumpun dan berat gabah per 1000 bulir berbeda nyata. pengamatan pada pertambahan panjang akar, anakan per rumpun, anakan produktif, umur berbunga, jumlah bulir per rumpun, jumlah bulir bernas dan berat ton per hektar tidak berbeda nyata, sedangkan pada perlakuan media tanam seluruh pengamatan sangat berbeda nyata. perlakuan interaksi antara nutrisi dan media tanam pada pengamtan lebar daun umur 15 hst berbeda nyata sedangkan pada semua pengamatan tidak berbedanya.

Item Type: Peer Review
Uncontrolled Keywords: : Padi, Hidroponik, Nutrisi, Media Tanam
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 630 Farm, Farming > 635 Garden Crops, Horticulture, Vegetables
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agrotechnology (S1)
Depositing User: Iskandar Umarie
Contact Email Address: iskandarumarie@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 03 Jul 2023 02:25
Last Modified: 20 Jul 2023 03:46
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/17391

Actions (login required)

View Item View Item